Beauty

4 Tahap Perawatan Wajah dari Ristra Cosmetodermatology

Monday, June 25, 2018

Assalamualaikum,

Dalam 2-3 tahun terakhir Korean Skincare dengan 10 step skincare routine-nya bisa dibilang sedang hits banget. Tapi masalahnya tidak semua orang cocok dengan penggunaan skincare yang berlapis, apalagi buat kita yang tinggal di negara tropis seperti Indonesia. Saya sendiri sudah sejak setahun terakhir beralih ke minimal skincare. Jadi benar-benar hanya menggunakan produk yang basic dan kira-kira dibutuhkan sama kulit saja.
Ristra Cosmetodermatology adalah skincare brand dari Indonesia yang memang mengedepankan tentang 4 langkah dasar untuk merawat kulit, yaitu pembersih, penyegar, pelembab, dan perawatan. 4 langkah ini disesuaikan dengan kebutuhan kulit perempuan Indonesia yang tinggal di iklim tropis dimana udara panas, lembab, serta debu dan polusinya cukup tinggi.
Menariknya lagi, produk-produknya Ristra mengutamakan pH balanced, yaitu sekitar 4,5-5,5. pH balanced ini penting karena kalau menggunakan produk yang pHnya diatas 6 (biasanya pada produk pembersih), bisa membuat kulit seperti ketarik dan skin barrier-pun jadi rusak. Dan yang pasti produknya teruji secara klinis (dermatologically tested).
Saya dikirimin produk Ristra ini sejak awal Mei lalu dan sudah mencoba 4 tahap dasarnya. Menurut saya, produk ini memang cocok banget buat yang masih bingung mau mulai merawat kulit dari mana dan bingung mencari produk yang cocok. Mari kita bahas satu persatu.


Tahap 1 – Membersihkan
Saya suka banget sama Ristra, karena brand ini mengedepankan double cleansing. Tidak semua brand Indonesia aware sama ini soalnya. Hehe. Tahap pembersihan yang ditawarkan sama Ristra adalah dengan menggunakan Extremely Gentle Cleansing Milk dan dilanjutkan dengan Med Soap.

Ristra Extremely Gentle Cleansing Milk


Secara tekstur produknya mirip dengan cleansing milk pada umumnya, yaitu seperti lotion gitu. Dipakai di kulit yang masih kering dan bermake up, lalu di massage ringan agar make upnya terangkat. Berhubung make up yang saya gunakan sehari-hari tidak tebal, jadi produk ini oke banget untuk mengangkat make up dan kotoran. Tapi untuk mascara dan lipstick yang matte, saya biasanya pakai make up remover dulu. Dan di cara pakai yang disarankan, setelah di massage, produknya bisa diangkat dengan menggunakan handuk basah. Saya sendiri biasanya langsung bilas pakai air saja. Karena setelah ini juga kan langsung dilanjutkan dengan second cleanser. Tapi memang mengangkat dengan handuk basah jadi  jauh lebih bersih, apalagi kalua hari itu sedang pakai make up agak tebal.

Ristra Med Soap



Second Cleanser dari Ristra adalah Med Soap. Produk ini phnya antara 4,5-5,5 dan ini memang ph yang paling tepat untuk cleanser. Saat dipakai cleanser ini tidak membuat kulit terasa ketarik atau keset-keset gitu. Teksturnya seperti jelly berwarna putih agak bening. Pembersih ini berbusa tapi tidak terlalu banyak dan ini yang saya suka. Soalnya pembersih yang busanya terlalu banyak cenderung membuat kulit saya jadi ketarik dan makin kering.

Tahap 2 – Menyegarkan
Tahap menyegarkan ini adalah tahap penggunaan toner. Setau saya di Ristra ada 2 jenis toner, yaitu Toning Lotion dan Astringent Lotion 1. Kebetulan yang saya cobain adalah Toning Lotion yang mengandung Allantoin untuk melembabkan dan toner ini juga ph balanced, jadi membantu mengembalikan keseimbangan ph alami kulit setelah mencuci muka.

Ristra Toning Lotion

Saya sendiri suka pakai ini di pagi hari. Kebetulan sudah lebih dari 6 bulan ini saya tidak menggunakan face wash di pagi hari, jadi cuma cuci muka pakai air dan langsung pakai toner. Saya pakai di kapas dan mengusapkan secara ringan ke seluruh wajah dan leher. So far, enak dipakainya tidak membuat kulit berasa kering, padahal toner ini mengandung ethanol. Tapi mungkin karena ada Allantoinnya jadi tidak membuat kulit kering kali ya, karena kandungan ini emang biasanya dipakai untuk mendinginkan kulit dan mengatasi kulit yang sedang iritasi. Coba deh googling lagi tentang fungsi allantoin. Hehe

Tahap 3 – Melembabkan
Pelembab adalah produk yang dibutuhkan semua orang dan semua jenis kulit, tinggal cari produk yang cocok dengan jenis kulit kita. Produk Ristra yang saya coba adalah Moisturizing Cream yang memang lebih ditujukan untuk kulit normal dan kering.

Ristra Moisturizing Cream

Menurut saya pelembab ini sangat melembabkan, dan memang cocok untuk kulit normal to dry. Teksturnya creamy dan saat diaplikasikan membutuhkan waktu agar dia meresap sempurna. Kadang setelah dioleskan ke seluruh wajah, saya tepuk-tepuk  lagi agar meresap. Dan setelah itu memang kalau dipegang kulitnya kenyal-kenyal banget. Salah satu kandungannya adalah minyak zaitun yang memang fungsinya menutrisi dan melembabkan kulit.

Tahap 4 – Perawatan/Membantu Meregenerasi
Tahap terakhir yang ditawarkan Ristra adalah produk Scrub Cream yang berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati sehingga membantu mempermudah proses regerenasi sel kulit yang baru. Tapi perlu diingat produk ini bukan untuk digunakan setiap hari, tapi cukup seminggu sekali untuk yang kulitnya kering, atau maksimal 3x seminggu untuk kulit normal dan berminyak.

Ristra Scrub Cream

Sejujurnya saya bukan pengguna scrub. Sudah sejak lama saya stop menggunakan scrub karena memang kulit saya sensitive dan gampang iritasi kalau menggunakan scrub. Jadi, saya hanya mencoba produk ini di tangan saja. Hehe. Butirannya cukup terasa, tidak terlalu kecil, tapi juga tidak besar yang kasar gitu. Cara pakainya setelah penggunaan cleansing milk, oleskan scrub cream di wajah yang lembab (gak kering tapi juga gak basah berair), gosok secara perlahan dengan gerakan memutar selama 30 detik sampai 1 menit. Lalu bilas dengan air dan Med Soap.



Jadi, kalau pakai Ristra kira-kira skincare routinenya jadi seperti ini.


Untuk malam hari bisa menggunakan 4 produk ini. Jadi fokus di double cleansing, toning, dan moisturizing.


Dan seminggu sekali bisa diselipkan Scrub Creamnya kalau kulit kalian cocok sama scrub. Karena sebenarnya scrub atau proses ekfoliasi ini memang penting dan dibutuhkan sama kulit.


Sedangkan untuk dipagi hari, biasanya saya hanya pakai 2 produk ini. Dan tentunya WAJIB ditambahkan sunscreen favorit kalian. Hehe. Kalau gak salah Ristra juga punya produk sunscreen, tapi saya sih belum pernah coba. Ada yang sudah pernah coba mungkin? Hehe

Selain produk skincarenya, Ristra juga ada produk make up dari decorative series yang juga diformulasikan untuk kulit tropis. Produk-produknya kaya akan antioksidan. Dan yang paling menarik buat saya adalah face powdernya, karena mengandung zinc oxide dan titanium dioxide yang berfungsi melindungi kulit dari uva dan uvb. Jadi produk ini yang oke banget jadi alternatif buat reapply sunscreen.




Ada yang sudah pernah pakai produk-produknya Ristra? Atau mungkin tertarik pengen coba juga? Kalau mau tau apa aja produk-produknya Ristra, bisa langsung cek webnya www.ristra.co.id atau bisa juga cek social medianya di @ristra.id yaa

You Might Also Like

4 comments

  1. Terakhir pake ristra itu jaman kuliah, berhenti karena sempet susah nyarinya. Jadi kangen pengen pake lagi.....makasih infonya ya kaka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang gampang kok carinya, aku sering liat di drugstore kayak watsons atau guardian gtu. hehe

      Delete
  2. thanks reviewnya, bener banget pengen nyobain 10 step skin care korea tapi kan di indonesia tropis takut malah berlebihan hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa. gak semua kulit perlu skincare berlapis. hehe

      Delete

I really appreciate every single comment that you left in my blog..Do not hesitate to say anything..but, please use a proper word :)