Beauty

Minimal Skincare Routine Untuk Mengatasi Jerawat

Wednesday, January 17, 2018

Assalamualaikum,


Lagi pengen sharing tentang skincare di blog, tapi gak mau review produk. Soalnya saya memang sedang tidak banyak mencoba produk baru, bahkan setahun terakhir saya lebih sering menerapkan minimal skincare routine, yang tahapnya lebih sedikit dibanding 5 tahap basic skincare yang pernah dibahas juga diblog ini. Di minimal skincare bisa cuma ada 3 tahap, atau bahkan 2 tahap. hehe

Pasti pertanyaannya adalah kenapa jadi menerapkan minimal skincare? Emangnya apa yang salah dengan skincare routine selama ini? apa jangan-jangan produk yang dipakai bikin breakout ya? atau kulitnya udah kebal sama skincare karena keseringan ganti-ganti produk? Ini beberapa pertanyaan yang sering ditanyain ke saya via DM di instagram @mrsdelonikacom setiap kali saya share kalau skincare routinenya jadi  lebih minimalis.

Sebenarnya alasan utama kenapa saya mulai mencoba minimal skincare routine adalah breakout di jidat yang gak hilang-hilang. Sering kali kempes 1, muncul 3 lainnya. Gitu aja terus selama hampir setahunan. Dan sepertinya salah satu hal yang menyebabkan itu adalah perubahan hormonal karena sejak 2016 lalu saya mulai gencar program hamil. Sebelumnya sekitar bulan Mei-Juni 2016, saya juga sempat breakout parah setelah menjalani laparaskopi, tapi itu berhasil diatasi dengan skincare biasa dan bahkan saya sempat sharing tentang cara mengatasi hormonal breakout. Tapi sayangnya setelah saya sharing tentang caranya di blog, cara itu jadi gak ngaruh lagi di saya.  

Saking desperate-nya sama breakout, saya sempat ke skin clinic untuk minta di ekstraksi dan suntik jerawat. Hal ini pernah saya share juga di instagram saat itu. Saya tetap tidak pakai krim dokter, hanya spot treatment saja yang sayangnya gak ngaruh juga. Seingat saya, hampir 3x saya ke skin clinic dari Oktober 2016 sampai Januari 2017, bahkan saya sempat coba acne peeling di skin clinic-nya. Tapi jerawatnya hanya kempes sebentar lalu muncul lagi yang baru.

Seperti yang saya share di postingan sebelumnya, karena udah gemes sama jerawat dijidat yang merajalela, saya pun ke @bamedskincare buat ekstraksi dan suntik jerawat. . Biasanya saya prefer diemin aja jerawatnya atau pakai skincare yg mengandung salicylic acid seperti yang pernah saya post di #mrsdelonikablog tentang cara mengatasi hormonal breakout. Tapi kali ini saya memutuskan untuk suntik dan ekstraksi jerawatnya. Sebelumnya saya pernah 1x suntik jerawat di bamed juga dan hasilnya gak menyenangkan krn jerawat bukannya kempes, yang ada malah nambah jerawat baru 🙈 Walaupun begitu saya tetap memutuskan untuk coba suntik sekali lagi. Kalau yang ini gagal lagi, berarti emang harus diemin aja sampe pada hilang sndiri 😅 . . Btw, dokternya sempet kaget pas nanya selama ini saya pake apa aja. karena menurutnya terlalu banyak step. haha. Dan sempet ditawarin pakai produk bamed, tapi saya tetap prefer pakai skincare sendiri soalnya penyebab jerawat bukan skincare yang gak cocok tapi lebih karena stres dan hormonal. Dokterpun oke aja dan cuma kasih obat totol jerawat PMC2 yang dipakai abis cleansing. Ini yang saya suka dari #bamedskincare kita gak diwajibkan pakai produk mereka. . . Sekarang udah hari ke 3 setelah suntik. Masih ada 1-2jerawat yang belum kempes. Tapi kebanyakan udah tinggal bekasnya aja. Sedangkan sebelumnya ada kali 10jerawat yang mateng 😅🙈 Dan buat yang gak tau, proses ekstraksi jerawat itu sakitnya minta ampun. Mudah2an kemarin itu yang terakhir 😅 . #panjangyacaptionnya #sekaliansharing #maunulisdiblogbelomsempet ✌🏻️
A post shared by Mrs Delonika (@mrsdelonikacom) on


Sampai akhirnya saya berusaha pasrahin aja dan balik ke skincare routine biasa walaupun mulai lebih di-simple-in. Bisa di cek di Ig mrsdelonikacom, selama 2017 saya jarang banget post skincare routine saya. Kalaupun ada, memang cukup minimal. Memang dari awal sampai pertengahan tahun 2017, bisa dibilang saya kembali menjalani trial and error. Sering kali saya cuma fokus di cleansing, semprotin muka pakai face mist, kadang-kadang maskeran, dan tentunya coba-coba berbagai spot treatment. Tapi untuk serum dan face oil/moisturizer, sering kali saya skip. Acid toner pun mulai jarang saya pakai, hanya menghabiskan yang memang sudah dipakai aja.

Seperti yang saya bilang kalau beberapa bulan terakhir jerawat saya hilang-muncul tanpa henti. Dan ada masa2 dimana saya males pakai skincare dengan tahapan yang panjang, jadi cuma cleansing dan spot treatment. . Spot treatment ini efeknya beda. Kadang ampuh, di lain waktu ga ada efek apa2 😅 . #oxy5 ini kalau ditotol agak banyak kadang ampuh. Tapi kadang juga ga ngaruh. Saya pakai ini sesekali aja, ga tiap hari. #mariobadescudryinglotion ini dulunya ampuh banget. Favorit banget. Tapi ntah kenapa akhir-akhir ini efeknya biasa aja. Apa mungkin karena mau habis jadi, efeknya udah berkurang. Atau karena kulit saya sudah terbiasa dengan produk ini ya. #odacite bl+c ini yang paling sering saya pakai walaupun ga berasa efek yang gimana2 banget. Bahkan rasanya ini ga bikin jerawat saya kempes, tapi ya tetap aja saya pakai. hehe #cosrx acne pimple master patch ini di rave banyak orang. Banyak yang berhasil pakai ini. Sedangkan disaya ga ngaruh. Katanya harus dipakai 3hr berturut-turut, saya udah coba dan ga ngaruh juga. #peterthomasroth acne clear invisible dots. Saya beli ini di @gorjesid pas lagi sale karena iseng aja. Kayaknya jerawat saya memang ga bisa dikasih acne patch deh. Jerawat gak mengecil dan gak membesar dikasih acne patch. Gtu2 aja 😅 . . Ada yang punya rekomendasi #spottreatment yang oke? selain ini saya udah coba benzolac tapi kurang suka. Banyak yang bilang tea tree oilnya TBS saya belum coba lagi sih. Dulu banget pernah coba dan ga ampuh, jd ud agak skeptis duluan, dan belum berencana coba lagi.
A post shared by Mrs Delonika (@mrsdelonikacom) on
Ini pas saya coba-coba berbagai spot treatment yang ternyata gak ada yang berpengaruh di jerawat saya


Karena memang udah coba macem-macem cara tapi belum ada yang berhasil, saya pun mulai cari tahu lagi (googling, baca-baca, cari di youtube) tentang hormonal acne dan breakout yang gak kelar-kelar. Dan ketemulah dengan akun youtubenya liah yoo. Pertama kali nonton videonya, jujur saya bingung, soalnya bahasannya cukup ilmiah. Tapi saya merasa apa yang di-share di youtubenya informatif banget, gak hanya produk review, tapi memang menjelaskan apa itu jerawat, kenapa bisa berjerawat, cara-cara mengatasi jerawat, sampai cara menghilangkan bekas jerawat. Nonton videonya benar-benar jadi dapat ilmu baru. Walaupun untuk rekomendasi produk, saya jarang ikutin apa yang dia pakai. Apalagi jenis kulitnya Liah Yoo ini berbeda dengan saya. hehe. 

Dari semua video yang dipost, yang benar-benar "ngena" banget disaya adalah video yang "Clear Acne Without Acne Treatment: Minimal Acne Skincare Routine". Saya merasa apa yang dibahas di video ini pas banget dengan apa yang sedang saya alami. Dan sebenarnya sedikit banyak saya sudah melakukan apa yang dia bahas divideonya. Tapi ternyata ada beberapa yang salah, seperti misalnya saya masih pakai spot treatment dan sering maskeran.





Ini saya crop dari videonya Liah Yoo tentang gimana tahap-tahap minimal skincare routine versi dia. Liah Yoo menyarankan untuk melakukan skincare routine minimal ini selama minimal sebulan. Setelah itu, secara perlahan boleh ditambahkan produk lain, seperti serum, masker, atau eksfoliator, tapi tetap tambahinnya satu-satu dan secara bertahap, lihat apa yang memang benar-benar dibutuhkan sama kulit.



Yang saya lakukan mirip-mirip dengan itu, tapi karena saya suka banget sama face mist, jadi pagi dan malam saya tetap pakai face mist/toner. Karena saya anggapnya itu bagian dari hydration. Dan kunci dari minimal skincare routine ini memang Cleansing dan Hydrate. Dan ini juga sudah pernah saya share di instagram stories beberapa waktu lalu.

Saya sendiri tidak benar-benar melakukan skincare fasting seperti yang dibilang Liah Yoo. Soalnya kadang-kadang saya juga suka menambahkan first essence dan sesekali pakai sleeping mask atau aloe vera gel (tapi lebih sering dijadiin wash off mask sih dibanding sleeping mask). Cuma saya memang sempat stop segala acne treatment, serum, eksfoliator dan masker yang deep cleansing seperti clay mask. Bisa dibilang saya jadi seperti "newbie" yang coba-coba skincare dari awal. Pernah saya merasa kulit sudah lebih oke, tidak ada jerawat meradang, saya jadi coba pakai serum lagi karena sayang masih banyak yang belum dipakai. Tapi ternyata setelah pakai 2 mingguan rasanya kulit mulai gak asik lagi. Makanya sampai sekarang saya masih jarang menambahkan serum. Jadi, bisa dibilang saya "start over" skincare routine. Pakai produk yang memang sudah jelas-jelas cocok di saya. Alhamdulillah, cara ini cukup berhasil. Secara perlahan jerawat jadi kaleman dan lama-lama jadi jarang muncul.

Oh iya, perlu ditekankan penyebab utama jerawat itu sebenarnya adalah pola makan (biasanya banyak yang breakout karena susu, makanan asin, pedas, dll), pola tidur (kurang tidur dan sering begadang juga gampang banget bikin jerawatan), kurang olahraga (jarang olahraga bikin hormon di tubuh jadi ga seimbang), dan stress. Jadi, sebelum menyalahkan skincare atau obat jerawat yang gak ampuh, coba dulu perbaiki hal-hal ini. Selama mencoba minimal skincare routine, saya juga berusaha rutinin olahraga, tapi kalau jaga makanan dan tidur cepat, jujur aja masih sulit dilakukan. haha.

Jadi, kalau kamu udah coba perbaiki pola hidup, udah coba macam-macam skincare tapi gak berhasil, atau udah ke dokter kulit tapi belum ada perubahan berarti, coba deh terapin minimal skincare routine. Siapa tau berhasil membuat jerawat pada kaleman. Tapi memang harus sabar dan hasilnya gak akan instan. Dannn sebenarnya cara ini bukan cuma untuk yang berjerawat aja sih, kalau kamu masih baru dan belum paham banget tentang skincare routine, daripada asal cobain berbagai produk, cobain juga rutinin tahap-tahap di minimal skincare routine dulu.

Produk yang saya pakai selama Minimal Skincare Routine

Setelah ini biasanya pada nanya, rekomendasi produknya apa ya? Jujur, saya gak berani kasih rekomendasi produk. Soalnya berkali-kali saya bilang yang namanya skincare itu cocok-cocokan, produk yang cocok di saya belum tentu cocok di kalian. Jadi ini bukan rekomendasi produk ya, tapi lebih ke produk yang paling sering saya pakai dan cocok di saya selama menerapkan minimal skincare routine. Soalnya kadang produknya juga suka ganti-ganti. haha

AM routine
- Cleansing: Cuma air aja, tanpa face cleanser apapun. Tapi kadang kalau berasa muka lengket banget, saya suka pakai Aurelia Miracle Cleanser di pagi hari. Dan ini jarang banget, belum tentu seminggu sekali.
- Toner: Saya pakai 2 toner di pagi hari, Mamonde Rose Water Toner yang dipakai dengan kapas untuk menghapus sisa-sisa kotoran di wajah karena gak pakai face cleanser. Dan Goodness Be Cool Mist Toner yang disemprotkan ke seluruh wajah lalu di tepuk-tepuk. Tapi kalau paginya saya pakai Aurelia Miracle Cleanser, saya skip Mamonde dan langsung pakai face mist Goodness.
- Sunscreen: Kalau pagi, saya suka skip pelembab karena sunscreen yang saya pakai rasanya sudah cukup lembab. Saya paling sering pakai Skin Aqua UV Mild Milk SPF 25 PA++ (atau sebenarnya saya lebih suka Skin Aqua yang saya pernah review disini sih) dan Anessa Perfect UV Sunscreen Aqua Booster  SPF50+ PA++++. Ini dua sunscreen yang sekarang lagi sering dipakai, tapi yang Anessa lebih sering saya pakai saat traveling.

PM routine
- First Cleanser: Inget, double cleansing itu wajib yaa. hehe. First cleanser yang saya pakai beberapa bulan terakhir adalah Klairs Gentle Black Deep Cleansing Oil. Tapi dua bulan yang lalu produknya habis, jadi saya sekarang kembali pakai Banila Co Clean It Zero in Purity. Yang jelas buat first cleanser coba pakai yang oil atau balm cleanser.
- Second Cleanser: Untuk second cleanser cari yang gentle dan pH-nya di bawah 6. Yang lagi sering saya pakai adalah Neogen Green Tea Cleansing Stick. Selain itu, saya juga suka pakai Fresh Soy Face Cleanser dan First Aid Beauty Face Cleanser.
- Toner: Kalau malam saya cuma pakai face mist aja. Paling sering pakai Goodness Be Cool Mist Toner atau kadang Avene Thermal Spray pun jadi. hehe
- Moisturizer: Awal mulai minimal skincare routine, saya sering pakai Nature Republic Aloe Vera Gel sebagai pelembab seperti sleeping mask atau sekalian Laneige Water Sleeping Mask, tapi dipakai tipis-tipis aja. Cuma sebenarnya gak terlalu melembabkan di kulit saya. Akhirnya lebih sering pakai Klairs Rich Moist Soothing Cream atau kalau emang kulitnya lagi kering banget, pakenya Aurelia Cell Repair Night Oil.

Ada  yang tertarik coba minimal skincare routine juga? atau malah sudah coba? share donk. hehe

You Might Also Like

8 comments

  1. aku juga lagi coba minimal skin care routine kak! tadinya selalu pake vitacid diseluruh muka padahal jerawatnya hanya di beberapa tempat, tapi kulitnya ngelupas parah... akhirnya kalau malam cuman double cleansing - toner - face oil/sheetmask aja..

    semangat nulis terus kak Fika! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Icha juga mengelupas yaa kalo pake vitacid? sampe kerasa kering & perih gt ga mbak ? aku selalu begitu sehabis pake vitacid dan akhirnya berhenti, soalnyaga ada efek apa-apa

      Delete
  2. We have same problem mbak ..
    semenjak aku kerja , jadi kurang banget ngurus kulit wajah dan badan.
    sekarang baru sadar kalo kulit itu wajib banget dijaga... sekarang kalo liat kaca suka ngerasa kulit wajah terlihat lebih tua :( Hiks ..
    Aku coba treatment seperti dirimu yaa mbak , semoga berhasil ... :)
    Suwun mbaaak :)

    ReplyDelete
  3. Iya sama mbak fik.. saya juga minimal bgt.. sebenarnya saya lagi adopsi gaya hidup minimalist dan ngaruh jg ke pemilihan produk skin care saya skrg.. jauh lebih sedikit.. dan saya pun jadi gk gampang tergiur utk belanja skin care lg.. cleansing sama spf emg wajib sih.. bener bgt.. produk saya emg sngat sedikit.. double cleansing pakai face cleanser sama micellar water trus lanjut toner.. baru pakai sunscreen kalo pagi atau pelembab kalo malam..

    sebenarnya saya penganut bahwa bkn salah skin care kalo kulit kita breakout sih.. soalnya saya penganut gaya hidup sehat.. dan ngaruh ke seluruh badan.. dari rambut kulit.. mental dan fisik..

    Jadi.. emang kurang memuaskan yah kalo cuma satu aspek yg diubah.. hehe.. emg ujian bgt sih ubah pola hidup itu.. tetep semangat ya mba..

    oh iya.. numpang share blog saya jg ya mba.. banyak bahas ttg kecantikan dan kesehatan jg www.putrinuzulil.com.terima kasih :)

    ReplyDelete
  4. Ilmu baru, emang ga boleh males browsing biar tau apa yang dibutuhkan. Cobain tips kak Fika ah, soalnya tipe males bersihin muka tapi pengen mulus kayak bayik 😆😂

    ReplyDelete
  5. Hai mrs delonika, kalo muka aku cenderung berminyak berjerawat tp klo dikasi produk jerawat malah suka kering. Dulu sempet puyeng nyari cara ngilangin jerawat dn kusam. Sampe akhirnya aku bawa ke miracle clinic dan dikasi treatment facial+pweling+ laser. Sebenarnya disuruh rutin, tp keknya ga sanggup wkkk, jebol kantong. Akhirnya aku akalin, treatment facial+peeling aku lakuin setahun cm 2 kali. Tp so far bagus si hasil treatmentnya, enak bgt bt bersihin komedo dan kotoran pori. Trs buat skincare nya, aku ga pake krim dokter, cm 3 step cleansing. 3 step cleansing ini bukan dr rekomen siapa2 sik, aku cm trial eror bermacam skinroutine selama ini dan ngerasa ternyata yg paling cocok pake sistem ini.
    Pertama garnier micellar water sensitive skin + pure system clarifying toner dr yves rocher + facial foam dari tbs yg aloe vera.
    Kalo hydratingnya cm pake pure system moisturizer dr yves rocher. Tapi so far sstelah 6bln rutin skincare beginian, alhamdulillah jerawat jaraang nongol, pori2 kliatan lbh rapet. Make up lbh gampang nempel. Intinya selain ngebersihin muka dg bener, hydrating, jg pemilihan produk yg pas (kalo di case aku, kombinasi antara sensitive product +acne product)

    ReplyDelete
  6. hi mba fika,

    Setelah baca instastory dan blognya yaitu men- skip face wash di pagi hari buat aku ngaruh banget. Hampir seminggu aku skip face wash dan hasilnya oke banget, yang biasanya muka aku berminyak kalo udah jam jam 10an, ini berasa malah lembab.
    Makasih banget ya,,, blog nya benar2 bermamfaat. semoga makin semangat nulis dan menebarkan mamfaat buat para pembaca mba fika.
    cheerss....

    ReplyDelete
  7. Halo kak, kalau saya untuk minimal skincare rutin pagi cuci muka,toner,moisturizer yg mengandung UVA UVB,dan bedak. Kalau untuk skincare rutin dimalam hari biasanya pakai toner,facial foam, toner lagi, serum, snail repair cream, dan eye cream.Allhamdulillah muka sekarang jadi cerah, pori2 mulai mengecil dan jerawat jadi jarang muncul kak.

    ReplyDelete

I really appreciate every single comment that you left in my blog..Do not hesitate to say anything..but, please use a proper word :)