Beauty

Pentingnya Double Cleansing

Wednesday, October 25, 2017

Assalamualaikum,



Double cleansing penting banget dilakukan setiap hari, terutama malam. Tapi sayangnya banyak yang suka males melakukan ini dan menganggap mencuci muka dengan face cleanser aja udah cukup bersih (apalagi ada cleanser yang klaim 2in1 atau bahkan 3in1). Kadang alasannya adalah "saya kan gak pakai make up, jadi gak perlu lah cuci muka 2x". Atau ada juga yang gak melakukan ini karena gak paham apa itu double cleansing.

Kenapa walaupun gak make up tetap perlu double cleansing? Soalnya ini berkaitan sama penggunaan sunscreen. Menurut saya 2 hal ini saling terkait dan gak boleh di skip dalam skincare routine. Tapi saya gak akan bahas tentang sunscreen di postingan kali ini, mungkin next time yaa. Jadi, walaupun kamu gak pakai make up, tapi kalau kamu pakai sunscreen, tetap wajib double cleansing. Nah,gimana kalau kamu gak pakai sunscreen? ya gak perlu baca tulisan ini sih, soalnya klo sunscreen aja gak pakai ya gak perlu repot-repot pakai skincare yang lain karena gak akan ada gunanya :D *peace*

Sering kan denger orang malas pakai sunscreen karena katanya bikin komedo atau malah jerawatan. Yess, itu kadang bukan salah sunscreen-nya, tapi bisa jadi salah di proses cleansing-nya. Double cleansing ini PENTING BANGET. Dan ini cuma perlu dilakukan di malam hari. Walaupun ada juga yang menyarankan double cleansing di pagi hari. Kalau saya sih  gak, bahkan sudah beberapa bulan terakhir saya gak pakai face wash apapun di pagi hari, cuma air aja. 

Balik ke double cleansing. Sebenarnya apa sih itu? karena ternyata banyak yang DM ke saya di IG @mrsdelonikacom tanya tentang ini soalnya mereka belum paham tentang double cleansing. Padahal kalau mau googling infonya banyak banget. Di female daily juga sering banget bahas tentang double cleansing

Jadi double cleansing adalah membersihkan muka dengan melalui 2 tahap pembersihan dan seringkali juga menggunakan 2 jenis cleanser berbeda, yaitu first cleanser dan second cleanser. Tapi seingat saya di female daily pernah bahas juga tentang bisa menggunakan jenis cleanser yang sama. Saya sendiri prefer untuk menggunakan 2 jenis cleanser berbeda. 

First Cleanser

Untuk first cleanser biasanya jenis cleanser yang digunakan adalah yang berbentuk cleansing oil, cleansing milk, cleansing cream, dan cleansing balm. Saya sendiri lebih suka menggunakan cleansing balm dan atau oil. Kalau cleansing milk dan cream rasanya sulit dipakai untuk membersihkan maskara atau lipstik dan saya tipe yang agak malas pakai make up remover dulu. haha. Cleansing balm dan oil ini cara pakainya sama, yaitu di massage di kulit kering sampai make up berasa luruh, lalu basahin tangan dan massage lagi sampai produknya ter-emulsify. Kalau sudah ter-emulsify biasanya cleanser akan berubah tekstur jadi seperti susu cair berwarna putih. Setelah itu bisa langsung bilas dengan air atau kadang beberapa cleanser perlu diangkat menggunakan waslap. Saya sendiri kurang suka dengan cleansing balm/oil yang harus diangkat dengan waslap. 

Ini adalah beberapa first cleanser yang saya sedang atau pernah saya pakai. Hampir semuanya saya rekomendasiin dan semua saya sudah repurchase at least 1x, kecuali yang Goodness break up make up balm. Saya kurang suka karena teksturnya thick banget, susah di emulsify, dan harus pakai waslap. Kalau yang lainnya saya suka semua dan menurut saya worth to try and to buy. Semua ada plus dan minusnya, tapi gak mungkin saya review satu-satu disini. haha. Menurut saya sih tinggal sesuaikan sama budget aja :)



Lalu bagaimana dengan cleansing wipes atau micellar water?

Menurut saya sih itu bisa aja jadi first cleanser. Tapi kurang saya rekomendasiin kalau untuk dipakai setiap hari. Soalnya itu kan menggunakan kapas yang digosok ke wajah, jadi kasian kulit wajahnya kalau setiap hari digosok2in kapas/wipes. Kalau cuma sesekali atau untuk traveling aja sih gpp. Tapi kalau untuk dipakai setiap hari, sebaiknya sih jangan ya. Kalau kalian baca postingan skincare routine aku di blog ini dari 2-3tahun yang lalu kalian mungkin akan lihat Bioderma Micellar Water ini. Tapi sejak mulai cari tau dan baca-baca lagi, saya jadi tau itu salah. Thanks to @kaepratiwi @gothamista @aboutliahyoo yang bikin sadar kalau micellar water dan wipes seharusnya gak dipakai daily basis.

Tapi, untuk waktu tertentu aku tetap pakai micellar water dan cleansing wipes. Biasanya untuk abis olahraga, traveling, atau sesekali kalau aku lagi males langsung bersihin muka pas sampe rumah karena masih sore. Ini adalah micellar water dan cleansing wipes yang menurut saya cukup gentle dan aman dipakai kulit sensitif. Soalnya saya pernah coba merk micellar water lain yang harganya lebih murah dari bioderma tapi kulit malah jd iritasi. Kulit saya emang sensitif banget sih.


Terus eye and lip make up remover gimana? bisa jadi first cleanser gak?



Saya bilang sih gak bisa ya. Karena namanya aja eye&lip make up remover, jadi ya dipakenya di mata dan bibir aja. Bisa juga pakai make up remover dulu dibagian mata dan bibir, baru abis itu lanjut pakai first cleansere. Cara ini justru di rekomendasiin banget kalau abis make up full. Ya walaupun jadinya kayak triple cleansing ya. hahaha. Tapi gak papa banget, yang penting muka terjamin bersih :D

Second cleanser

Biasanya second cleanser ini lebih dikenal sama orang karena bentuknya face wash dan lebih mudah didapatkan di Indonesia. Hampir semua brand punya produk face wash. Tapi, memilih second cleanser juga tidak bisa asal sih. Sering kali orang merasa kalau cleanser yang dipake bikin kulit terasa keset dan kaku berarti itu tandanya kulit bersih. Atau semakin banyak busa di satu cleanser, semakin bagus juga cleanser-nya. Padahal gak seperti itu seharusnya. Cleanser yang bikin kulit mka terasa keset dan ketarik justru bisa merusak skin barrier dan dalam jangka waktu lama bisa membuat kulit gampang merah dan iritasi. Sedangkan untuk cleanser yang busanya banyak, harus dicek lagi ingredient listnya, jangan-jangan ada kandungan SLS di top list dan SLS ini gak terlalu bagus buat kulit. 

Lalu gimana sih cara pilih face cleanser yang bagus? Pilih yang Ph-nya dibawah 7. Gimana cara taunya itu cleanser Ph-nya dibawah 7? kalau mau tes sendiri sih bisa beli ph strip di apotek atau sebenarnya sudah banyak koq yang me-review produk cleanser dengan ph di bawah 7. Sering-sering googling dan cari tau aja. Atau cek hashtag #phstriptestchronicle di instagram. Sekarang mulai banyak banget cleanser yang ph-nya udah dibawah 7. Kalau mau tau kenapa perlu pakai cleanser dengan ph rendah, bisa baca artikel di  female daily ini yang ditulis sama amal a.k.a deszell. Baca juga tulisannya amal tentang cleanser di blognya. Pleasee, jangan malas baca yaa :* 

Ini adalah beberapa second cleanser yang saya punya dan ph nya dibawah 7. Rata-rata cleanser yang saya pakai tidak terlalu berbusa, tapi tetap terasa bersih. Justru setiap kali saya coba pakai foam cleanser kulit saya jadi berasa lebih kering, karena memang sebenarnya jenis foam tidak direkomendasikan untuk jenis kulit kering. Sebenarnya yang Aurelia Miracle Cleanser lebih ke cleansing cream sih bentuknya, tapi saya lebih suka pakai ini jadi second cleanser makanya masuk disini. hehe



Yesss cleanser saya emang banyaaakk bangett. Malah ada yang gak ikut ke foto kayaknya. Tapi semua ini in shaa Allah dipake dan gak mubazir. Beberapa malah ada yang udah repurchase sampai 3-4 kali. Soalnya cleanser kan dipakai setiap hari, jadi pasti cepet abis. Dan bisa dibilang dari semua skincare, saya paling sering beli cleanser. Padahal dulu saya merasa cleanser mah apa aja bisa, tapi sekarang agak berubah pikiran. Soalnya saya lagi sering minimal skincare, kadang bisa cuma double cleansing aja. Makanya perlu cleanser yang emang bagus dan cocok di kulit saya. Tapi ya kalian gak perlu beli sampe sebanyak ini. Beli sesuai kebutuhan aja :)

Semoga postingan ini bisa  membuat kalian lebih paham tentang double cleansing dan bisa mulai rutin mempraktekkannya yaa. Kalau ada yang masih bingung dan mau ditanya, boleh langsung komen aja yaa :)

You Might Also Like

2 comments

  1. Aku juga berusaha nggak skip double cleansing karena bermakeup atau nggak, buatku pribadi double cleansing banyak manfaatnya hehe.

    ReplyDelete
  2. Halo kak! aku setuju banget kalo double cleansing itu penting, apalagi buat orang kayak aku tipikal yg malas pake skincare seabrek2, tapi dituntut pake make up setiap hari saat kerja, nah temen2 aku notice kalo kulit wajah aku lumayan bagus malah sering ditanyain pake skincare apa. Pdhal suka skip skincare klo udh cape bgt di malam hari �� to be honest, dan tanpa bermaksud songong tapi ak jg ngerasa kulit aku jg bagusnya gak jauh beda sama kulit temen2 aku yg klo pake skincare bisa berlapis2... hehe nah setelah aku renungi ternyata memang kuncinya ada di double cleansing, krna aku selalu terapin double bahkan triple cleansing setiap malam aplg setelah wajah pake makeup lumayan tebel. sementara urutan2 skincare lain ak justru sering lupa pake aplg klo udh kecapean plg kerja, paling penting pastikan muka udh bersih aja sblm tidur. Tapi cukup dgn double cleansing aja itu udh works on me kok! Buktinya tanpa skincare seabrek2, kulit ak cenderung gak trlalu bermasalah, cukup lembab, cukup sehat, klo jerawat dan komedo sekali2 itu mah biasalah ya, hormonal. Aplg dr makanan sehat sehari2, nutrisi danair putih yg cukup sbnrnya it jg udah jd perawatan alami buat kulit dr dalam. hehe..

    ReplyDelete

I really appreciate every single comment that you left in my blog..Do not hesitate to say anything..but, please use a proper word :)