Body Treatment

EVENT: Arisan Resik Bersama Resik V dan IHB

Friday, October 27, 2017

Assalamualaikum,


Hari Jumat minggu lalu, 20 Oktober 2017, saya diundang sama Resik V dan Indonesian Hijab Blogger (IHB) untuk datang ke acara Arisan Resik di Harlequin Bistro, Kemang. Sebanarnya hari itu saya ada flight ke Palembang malam harinya, tapi sengaja bela-belain datang ke arisannya dulu siang harinya. Alhamdulillah gak nyesel datang ke acaranya karena dapat banyak ilmu, terutama tentang cara menjaga kebersihan area kewanitaan. Hal yang sangat penting, tapi sayangnya sering terlupakan, termasuk oleh saya (kadang-kadang *oopps*)


Di arisan Resik ini ada sesi talkshow dan sharing singkat dengan 3 pembicara, yaitu dr. Rino Bonti Tri H. Shanti, Sp.OG (dokter kandungan Rumah Sakit Hermina Jatinegara), Yuna Eka Kristina (Senior PR Manager PT. Kino Indonesia Tbk), dan Nadiah Fatimah (salah satu Muslimah inspiratif yang aktif di yayasan Lupus Survivor dan panitia berbagai Kajian Islam di Jakarta) dan dipandu sama MC cantik Putri Dwi Andari. Tema acara hari itu adalah "Wanita Shalehah: Cantik Resik, Pandai Merawat Diri".




Dokter Bonti membuka sesi dengan penjelasan mendalam tentang keputihan. Tidak bisa dipungkiri, keputihan ini adalah salah satu masalah yang sering banget dialami oleh para wanita. Bahkan menurut beliau, keputihan ini adalah salah satu alasan utama kenapa wanita mendatangi dokter spesialis kandungan (selain karena hamil tentunya ya. hehe).

Keputihan sebenarnya hal yang normal kalau terjadinya sebelum/sesudah haid, atau saat wanita dalam masa subur. Dengan catatan, keputihannya tidak berbau, berwana putih bersih, kalau lagi masa subur bening, tidak gatal, dan tidak membuat iritasi area kewanitaan. Tapi ketika keputihan sudah berbau tidak enak seperti susu basi, kental, kadang berwarna agak kehijauan, menimbulkan rasa gatal atau panas, itu perlu diwaspadai, karena bisa jadi itu tanda-tanda adanya infeksi vagina.

Infeksi vagina ini biasanya terjadi karena ada jamur (kandida), bakteri yang berbahaya, atau parasit trikomoniasis. Jika dibiarkan infeksi ini bisa berlanjut sampai ke saluran telur dan menyebabkan adanya sumbatan. Ini bisa menjadi salah satu penyebab wanita sulit hamil. Dan untuk mengobatinya harus ke dokter spesialis kandungan.

Tapi, ada keputihan yang bisa dicegah dan diobati sendiri. Ini biasanya keputihan yang terjadi karena kita tidak menjaga kebersihan area kewanitaan, terutama di saat haid. Seperti misalnya menggunakan pantyliner atau pembalut sampai lebih dari 4 jam, atau menggunakan pakaian dalam yang lembab, tidak menggunakan air yang bersih untuk membersihkan area kewanitaan setelah buang air.

Dokter Bonti sangat menekankan tentang pentingnya merawat area kewanitaan agar selalu dalam keadaan bersih. Berikut adalah beberapa caranya

  • Bersihkan dengan air bersih dan keringkan dengan handuk atau tissue bersih setelah buang air kecil dan buang air besar. Jangan membiarkan daerah kewanitaan masih basah setelah buang air.
  • Harus membersihkan dengan cara yang benar yaitu dari depan ke belakang. karena urutan posisinya adalah area kewanitaan, saluran kencing, dan anus yang semuanya saling berdekatan. Kalau dibersihkan dari belakang ke depan, dikhawatirkan ada kuman-kuman dari anus yang terbawa ke area kewanitaan.
  • Memakai cairan pembersih khusus kewanitaan (feminine hygiene) dengan ph yang sesuai, yaitu antara 3-4. Jangan mebersihkan dengan sabun mandi, karena sifatnya basa. Atau tidak juga menggunakan sabun antiseptik karena bisa membunuh bakteri positif yang sebenarnya diperlukan.
  • Memakai pakaian dalam berbahan katun yang menyerap keringat dan bersih. Disarankan untuk mengganti pakaian dalam 3x sehari atau jika terasa lembab. Jadi, kalau mau pergi, jangan lupa siapkan cadangan pakaian dalam di tas :D.
  • Mengganti pembalut setiap 3-6jam sekali. Walaupun saat darah haidnya sudah sedikit, jangan memakai pembalut terlalu lama, apalagi sampai seharian. 
  • Segera membersihkan diri setelah berolahraga dan mengganti pakaian dalam yang basah, kotor, atau berkeringat. Jangan didiamkan terlalu lama.
  • Mencuci pakaian dalam sendiri dan terpisah dari pakaian lain. Saat sudah kering, sebaiknya disimpan dalam laci khusus yang terpisah juga dari pakaian yang lain.

Nadiah juga menekankan pentingnya menjaga area kewanitaan agar selalu wangi dan bersih terutama untuk yang sudah menikah, karena ini bisa adalah sumber keharmonisan rumah tangga. hehe. Area kewanitaan yang bersih dan wangi akan membuat suami senang dan membuat suami senang itu pahala besar banget lho. Jadi sebagai istri, jangan cuma cantik dari luar  dengan merawat wajah, pakai pakaian yang cantik, tapi yang posisinya ada di dalam juga harus banget dirawat. 

Agama Islam pun sudah mengatur tentang menjaga kebersihan area kewanitaan, yaitu di bab thaharah. Diwajibkan untuk wanita agar mencukur dan merapikan rambut kemaluannya minimal sekali dalam 40 hari. Hal ini dilakukan agar area kewanitaan tetap bersih, karena rambut kemaluan yang panjang dan lebat bisa menjadi sarang berkembang biaknya kuman.
 

Sesuai tips yang dishare sama dokter Bonti, salah satu cara merawat area kewanitaan adalah dengan menggunakan feminine hygiene yang sesuai. Resik V Godokan Sirih adalah salah satu pembersih yang aman digunakan dan paling pentingnya lagi produk ini sudah mendapat sertifikasi halal  dari MUI. Jadi sebagai muslimah, kita pasti akan merasa lebih tenang saat menggunakannya.

Mba Yuna menjelaskan kalau Resik V Godokan Sirih ini adalah antiseptik alami dari godokan daun sirih yang tidak mematikan bakteri positif dan tetap menjaga keseimbangan ph normal area kewanitaan. Sehingga produk ini aman untuk dipakai sehari-hari. Bahkan menurutnya, salah satu keunggulan produk ini adalah secara Mikrobiologi produk ini terbukti ampuh membunuh jamur candida albicans yang merupakan salah satu penyebab keputihan.







Walaupun gak menang arisan resik V ini, tapi alhamdulillah saya bisa membawa pulang goodiebag yang berisi produk Resik V Godokan Sirih untuk dicobain langsung dirumah. Dan tentunya happy karena bisa kumpul rame-rame sama hijab blogger dari IHB. Kalau para blogger sudah berkumpul, tentunya akan ada sesi foto yang gak kelar-kelar. haha

Aslii, saya seneng banget bisa dapat banyak tips-tips dari acara ini. Semoga tulisan ini bisa membantu teman-teman yang gak hadir yaa. Dan yang penting mulai sekarang jangan malas menjaga kebersihan area kewanitaan. Saya yakin masih banyak yang suka membersihkan pakai sabun mandi, mulai sekarang jangan lagi yaa. Pakai pembersih khusus untuk area kewanitan seperti misalnya Resik V Godokan Sirih. Atau kalau mau bikin sendiri godokan daun sirih juga boleh banget. Tapi kalau saya mah males ribet kalau harus bikin sendiri, mending pakai yang udah terjamin alami dan halal aja. Apalagi produk ini  juga udah di-approve sama dokter Bonti yang merupakan dokter spesialis kandungan. Jadi, in shaa Allah aman.




Produk Resik V Godokan Sirih ini juga harganya affodable koq, sekitar Rp 20.000an dan bisa dengan mudah ditemukan di minimarket, supermarket, hypermart, ataupun di apotek. Worth to try lah menurut saya. Ada yang udah coba produk ini? atau mungkin ada yang mengalami masalah keputihan? atau punya tips yang lain? share donk di komen. Siapa tau jadi bisa saling berbagi informasi lagi :)

Thank you Resik V and IHB for having me :) 

You Might Also Like

16 comments

  1. salut sama konsisten nya mba Fika, meskipun jadwal padat tapi disempetin hadir loh untuk silaturahmi dan belajar. Pengen foto bareng kemaren, sayangnya semua pada sibuk foto-foto. Hehehe. Makasih sharingnya ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa gak sempet foto bareng yaa kita. In shaa Allah ketemu lagi di event selanjutnya kita foto2&ngobrol2 yaaa :D

      Delete
  2. akuu bangett apikaa sampe skrg masih suka bersihin area kewanitaan pakai sabun, kirain mah udah aja gtu ya bersih wangi, ternyata malah jangan ya.. huhuu kapok deh.. udah paling aman pakai resik V godokan sirih alami ini ya ternyata..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa. aku udah tau tapi kadang suka bandel tetap pake sabun mandi biasa. paraahh nihh kebiasaan yang harus ditinggalin. huhu

      Delete
  3. Keputihan kadang disepelekan dan dianggap hal biasa ya ka tapi ternyata ngeri banget ya kalo udh infeksi gitu.

    Untung udah ada resik v sabun sirih yg super praktis #tsah
    Btw cool bgt ais itu lgsg flight ke palembang

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa, ngerii banget ya klo keputihannya ud parah. huhu.
      hari itu super hectic emang, alhamdulillah lancar semua. haha

      Delete
  4. Aku dulu juga suka pake rebusan sirih, cuma repot sih yaa.. Alhamdulillah sekarang udah ada Resik-V Godokan Sirih jadi praktis bisa dibawa kemanapun

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa aku tau godokan sirih dr dulu, tapi males rebusnya. untung sekarang ada yang praktis ya, ga perlu rebus2. hehe

      Delete
  5. Ka Fika.. aku sudah pakai Resik V Godokan Sirih, dari aroma dan warna sama banget dengan air rebusan sirih jika merebus sendiri, setelah pakai jadi tambah pede aja kaa.. karena sudah merawat area kewanitaan dengan antiseptik alami yang mampu membunuh kuman, dan sedang menikmati hasilnya.. ehem

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa yaa. enak banget yaah. ehemm eheemm. hahahaha

      Delete
  6. Thanks for sharing Kak Fika. Iya, keputihan tuh problem perempuan banget yah. Kalau aku, kecapean aja bisa keputihan lho. So far belum pernah nyobain sabun dr resik v ini. Buat gadis bisa kan yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa benerr, keputihan itu masalah perempuan banget. bisaa bangett dicoba buat yang masih gadis. rutinin pake terutama pas lagi haid. enak bangett

      Delete
  7. Seneng ya udah ada produk yang praktis, aman dan halal pula. Jadi lebih tenang pakainya. :)

    ReplyDelete
  8. Alhamdulillah udah ada resik V godokan sirih ini, jadi makin semangat menjaga kesehatan organ intim ya Apikahh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyess. in shaa Allah suami juga lebih happy ya mba ayy. hahhaa

      Delete

I really appreciate every single comment that you left in my blog..Do not hesitate to say anything..but, please use a proper word :)