Beauty

Review: Skin Aqua UV Moisture Milk SPF 50+ PA+++

Monday, September 26, 2016

Assalamualaikum,



Sepertinya saya sudah cukup sering tulis di blog ataupun IG mrsdelonikacom, kalau sunscreen itu hukumnya wajib. Kalian boleh skip toner atau bahkan serum, tapi jangan pernah skip sunscreen (dan double cleansing - baca tulisan ini sampai akhir untuk tau kenapanya). Kita sering kali melupakan sunscreen. Bahkan jujur saja sampai 3 tahun yang lalu saya tidak pernah pakai sunscreen sehari-hari. 

Dulu saya merasa sunscreen ini hanya dibutukan kalau kita akan beraktivitas di luar ruangan atau sedang liburan ke pantai dan tempat-tempat yang panas. Saya yakin banyak juga berpikiran seperti ini. Ya kaann? ayo ngakuu. haha. Padahal, itu salah besar. Saat beraktivitas di dalam ruangan pun kita tetap perlu sunscreen, karena sinar matahari UVA dapat menembus awan dan kaca. Jadi walaupun seharian berada di dalam ruangan, jangan berpikir kalian sudah aman dari paparan sinar matahari. 

Lalu, pertanyaannya adalah emang kenapa kalau kena paparan sinar matahari?? Kalau ada yang belum tahu bahayanya, wajib banget googling dan cari tahu tentang ini. Soalnya sinar matahari itu emang jahat banget. Kulit aging, keriput, dan penuaan dini itu adalah efek negatif dari sinar matahari. Efek lainnya adalah sunburn, kulit jadi menghitam, dan muncul dark spots atau flek. Jadi, buat yang sering tanya ke saya, produk untuk menghilangkan flek, mungkin perlu ditanya dulu, sunscreennya sudah dipakai apa belum. Karena begitu dark spots muncul, hampir dipastikan tidak akan bisa hilang, kecuali di laser kali ya, dan itupun pasti perlu beberapa kali, gak mungkin sekali laser langsung hilang. Dark spots hanya bisa disamarkan dan dicegah agar tidak makin banyak munculnya. Jadi, masih mau skip sunscreen? 

Kali ini saya mau share tentang sunscreen yang lagi sering banget saya pakai. Sebelum ini saya sempat mencoba beberapa merk sunscreen tapi tidak ada yang rasanya cukup oke. Baru kali ini merasa cukup oke untuk dishare. Dan sunscreennya adalah Skin Aqua UV Moisture Milk SPF 50+ PA+++. Skin Aqua sebenarnya punya beberapa jenis sunscreen yang disesuaikan dengan jenis kulit dan juga besar SPF yang beda-beda. Tapi yang kali ini mau direview adalah sunscreen yang katanya lebih cocok untuk kulit normal dan cenderung kering. Yang buat oily skin, pernah direview sama teman saya, olanatics

PACKAGING




Bentuk botolnya slim memanjang gitu. Cukup oke untuk dibawa di make up pouch atau saat traveling. Mungkin karena isinya juga tidak terlalu banyak. Yang spf50 ini hanya 40gram. Padahal sunscreen skin aqua yang lainnya 80gram. Untuk membuka botolnya harus diputar, sehingga cukup aman dan tidak gampang terbuka kalau sering dibawa-bawa.

Boxnya cukup informatif. Ada info tentang komposisi, penjelasan singkat tentang kandung-kandungan yang penting pada sunscreennya, hingga cara pakainya. Tidak ada tambahan kertas panduan lagi didalamnya. Oh iya, di box sunscreen ada lemnya, sehingga kalau kita lagi mau beli produknya tidak bisa buka box dan lihat botolnya. Kalau baca di IG skinaquaid katanya itu salah satu penanda produk original skin aqua. 

TEKSTUR DAN WANGI



Tekstur dari sunscreen skin aqua ini agak runny, tidak terlalu cair, tapi juga tidak kental. Kalau di skincare mungkin saya bisa bilang teksturnya mirip emulsion gitu. Warnanya putih seperti susu dan saya tidak mencium ada bau khusus yang menyengat. Karena memang klaimnya sunscreen ini tidak menggunakan pewarna dan parfum.

CARA PAKAI


Setau saya, banyak yang suka bingung kapan harus pakai sunscreen, sebelum pelembab atau sesudah pelembab. Setau saya sih sunscreen itu dipakai ditahap terakhir skincare, sebelum menggunakan make up. Jadi, sebaiknya dipakai setelah pelembab. Tapi dari yang saya baca-baca, sebaiknya tunggu pelembabnya meresap dulu, baru pakai sunscreen, agar pelembabnya tetap bekerja dengan baik dan tidak tercampur dengan sunscreen. Jadi mungkin perlu kasih jeda 5menitan lah paling tidak, sebelum apply sunscreen. 

Dan yang perlu diingat, pakai sunscreen itu harus cukup banyak, gak bisa cuma setitik untuk satu wajah. Katanya sih dibutuhkan sekitar seperempat sendok teh sunscreen untuk wajah saja, dan setengah sendok teh untuk wajah dan leher. Jadii, gak boleh irit-irit dalam pakai sunscreen dan harus dipastikan semua area wajah dan leher kena sunscreen.

Plus, sunscreen itu kuncinya adalah di re-apply. Jadi, sebaiknya setelah 4-6jam, pakai lagi sunscreennya. Jujur aja, saya sendiri hampir gak pernah re-apply karena biasanya baru pakai-pakai skincare dan sunscreen di sekitar jam10-11 pagi menjelang siang. haha. Tapi secara teori, re-apply itu penting banget. Yaah setidaknya coba pakai yang bentuk spray atau mungkin bedak dengan spf kali ya buat re-apply. Kalau rajin sih, terutama kalau kamu bekerja yang sudah jalan dari pagi, sebaiknya pas jam makan siang cuci muka lagi, pakai ulang sunscreennya dan make up lagi. hehe

MY REVIEW


Kalau dari komposisi utamanya, bisa dibilang sunscreen skin aqua ini termasuk physical sunscreen karena mengandung Zinc Dioxide. Biasanya yang disebut physical sunscreen mengandung Titanium Dioxide (TiO2) dan Zinc Dioxide (ZnO). TiO2 melindingi kulit dari sinar UVB saja, sedangkan ZnO mampu melindungi kulit dari UVA dan UVB dan umumnya lebih ramah dikulit. Jadi physical sunscreen yang mengandung Zinc Dioxide lebih baik. Jenis sunscreen ini melindungi dari sinar matahari dengan cara memantulkan sebagian besar sinar matahari dan meredam sisanya yang tidak sanggup dipantulkan. 

Tapi umumnya tekstur physical sunscreen cenderung creamy, sering kali meninggalkan white cast, dan gampang hilang kalau kena air atau digosok. Makanya untuk pemakaiannya lebih disarankan agar ditepuk-tepuk. Berbeda dengan chemical sunscreen yang bekerjanya dengan menyerap sinar matahari dan mengubahkan menjadi energi panas. Jenis sunscreen ini umumnya lebih cair, mudah meresap, dan lebih besar kemungkinannya menyebabkan iritasi atau alergi di kulit. Kalau physical sunscreen setelah dipakai bisa langsung dipakai beraktivitas, sedangkan chemical sunscreen disarankan untuk menggunakannya sekitar 20-30menit sebelum beraktivitas. 

Saya tidak menemukan kandungan utama chemical sunscreen di Skin Aqua, seperti Octylcrylene, Avobenzone, Oxybenzone, dan masih banyak lagi. Tapi pada chemical sunscreen biasanya terdapat kandungan alkohol yang cukup tinggi dan di skin aqua pun terdapat kandungan alkohol dalam bentuk Butylene Glycol. Hanya saja kadarnya tidak terlalu tinggi dan bukan termasuk 5 komposisi utamanya. Jadi pada akhirnya menurut saya skin aqua ini termasuk hybrid produk, yaitu gabungan physical dan chemical sunscreen. Dan memang saya baca dari IGnya juga, adminnya pernah menjawab pertanyaan tentang ini dan skin aqua disebut mengandung keduanya. Kalau masih bingung tentang perbedaannya, coba googling aja, banyak banget koq infonya. Saya kepikiran mau buat tulisan khusus tentang ini, tapi takut pada bosen bacanya karena pasti akan ilmiah banget. haha



Sekarang aja udah mulai bingung sama segala macem nama ilmiah dan kandungannya kan? haha. Intinya sih menurut saya sunscreen ini enak banget dipakainya. Rata-rata yang mengandung SPF50 saat digunakan terasa berat dikulit, lengket, dan oily. Tapi sunscreen dari skin aqua ini terasa ringan banget, tidak lengket sama sekali, cepat meresapnya, dan tidak meninggalkan white cast. Bahkan sunscreen ini oke banget buat jadi primer make up. Mungkin karena sunscreen ini mengandung silica atau silicon yang umumnya banyak terdapat di produk primer make up. Saat pakai ini memang kulit terasa lebih halus. Selain itu, saya merasa kandungan Hyaluronic Acid yang sudah dimodifikasi yang terdapat di sunscreen ini membuat kulit terasa lembab tapi tidak membuatnya terasa oily

Buat yang anti sama paraben, sunscreen ini perlu dihindari karena masih mengandung beberapa kandungan turunannya seperti Methylparaben dan Propylparaben. Paraben ini memang masih pro dan kontra, karena ada yang bilang bisa menyebabkan kanker, padahal setau saya belum ada riset ilmiah pasti yang menyebutkan tentang paraben, terutama turunannya menyebabkan kanker. Yang saya baca adalah di beberapa penderita kanker ditemukan adanya kandungan paraben, tapi bukan paraben menyebebkan kanker. Tapi balik lagi ke masing-masing yaa. Kalau saya memang belum sepenuhnya menghindari paraben, tapi kalau bisa dikurangi yang kenapa tidak. Cuma sampai saat ini, saya belum anti paraben. Apalagi kalau masih turunannya dan berada di list-list bawah, bukan jadi kandungan utamanya. hehe. Sengaja saya tulisnya belum, karena siapa tau nantinya saya jadi anti paraben. 


Sejauh ini bisa dibilang sunscreen skin aqua adalah favorit saya. Walaupun katanya sunscreen ini bisa buat wajah dan badan, tapi saya sih belum pernah pakai di badan, karena memang gak terlalu suka pakai sunscreen dibadan. Berasa udah pakai baju nutup panjang2 soalnya. Padahal sebenarnya mah tetap perlu. haha. Dan berhubung yang spf 50 ini lumayan susah dicari, jadi pas nemu yang SPF25 saya beli aja dan pas ke Singapur nemu sunscreen skin aqua saya juga beli. Buat back up. haha.
Tapii yang harus diingat setiap kali menggunakan sunscreen wajib banget double cleansing di malam harinya. Kenapa? soalnya sunscreen itu kalau tidak dibersihkan dengan benar bisa menyumbat pori-pori, menyebabkan komedo, dan yang ujung-ujungnya bikin kulit berjerawat atau breakout. Jadi kalau kalian sering coba sunscreen dan jadi berjerawat, sebelum bilang produknya gak cocok, harus dilihat dulu bersihin mukanya sudah benar atau belum. Karena hanya dengan face wash saja tidak cukup. Perlu menggunakan micellar water/cleansing milk/cleansing balm/cleansing oil dulu sebelumnya. 


Untuk harga, seingat saya yang SPF50 ini cukup murah, sekitar Rp 45.000 kalau saya tidak salah. Sedangkan untuk yang spf25 saya lupa, tapi lebih mahal karena isinya juga lebih banyak. Yang saya ingat harga skin aqua yang saya beli di singapur. Untuk UV watery gel spf50 harganya SGD 18.90 dan yang spray SGD 9.90. 

Produk skin aqua ini bisa dibeli di drugstore seperti century, watsons, guardian. Tapi sayangnya agak susah dicari. Terutama yang SF50 ini ntah kenapa saya jarang banget nemu produknya setiap ke drugstore. Untuk online, saya kurang tau dimana belinya, karena memang belum pernah beli online

O iya, produk sunscreen yang suka dibandingkan dengan skin aqua ini adalah Biore Aqua Rich yang pernah direview Alodita. Saya sebenarnya punya juga produk biore itu, tapi belum dibuka-buka. Mungkin nanti kalau sudah dibuka dan dicoba, saya akan tulis juga reviewnya :) Atau mungkin kalian punya rekomendasi sunscreen lainnya? boleh lhoo dishare di comment box. hehe

You Might Also Like

49 comments

  1. Assalamualaikum .. salam kenal. Akhir akhir ini aku baru melek skincare, baru sebulan juga pake sunscreen skinaqua. Tapi kok kayaknya flek di muka tambah banyak ya, padahal aku udah ngelakuin double cleansing dan double toning. Apa ada step yang terlewat atau ini tanda klo tidak cocok denga produknya, mohon pencerahannya ya
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm. fleknya tambah banyak? koq bisa ya? apa jangan2 sebelumnya udah ada flek tapi gak ngeh. karena sudah mulai rutin skincare, kulit wajah lebih bersih jadi fleknya lebih terlihat. setelah double cleansing dan double toning pakai pelembab atau serum lagi gak? atau apa mungkin over exfoliate. banyak sebab sih. harus tau dlu jenis kulitnya dan cara di setiap step2nya udah bener apa belum

      Delete
  2. Aih Fikaaa.. Lengkap banget.. Gw baru tau deh physical sm chemical sunscreenn itu. Dan ya.. Aku tersesat di bahasa ilmiah itu. Hahahahah.. Jadi penasaran mau coba deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha. gw juga masih selalu bingung. pas nulis ini juga sambil baca2 lagi tentang chemical dan physical sunscreen. hahaha

      Delete
  3. Aku juga lg pakai sunscreen ini Fika. Enak ga lengket. Ttg paraben, yg 2 tmasuk d skin aqua ini itungannya msh aman kok ya. Aku jg pnah ngobrol sm obgynku, mknya berani pake. Hihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa buyuuu. emang paraben itu masih pro kontra. aku juga masih santai krn itu turunannya bukan yang bener2 paraben. Tapi banyak juga yang jadi bener2 mau stop klo ada paraben. hehe. berarti sama obgynmu diblg aman yaa? soalnya banyak jg obgyn yang cari aman, jd klo lg hamil atau program disuruh stop aja dlu skincare2an. haha

      Delete
  4. Fikaaa... Aku baru beberapa bulan terakhir ini rajin pakai sunscreen. Gegara pas meeting, client suggest "mba pake sunscreen deh biar black spot nya ga nambah banyak" alhamdulillah agak berkurang skrg. Thanks for sharing fika 😘😘😘

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga baru 3tahun terakhir koq aie. dlu jaman SMP-SMA ikut pramuka, paskibra selalu panas2an tanpa sunscreen. makanya dlu aku super hitam dan kusam kulitnya. better late than never kan yaaa :D

      Delete
  5. Must have items ini dari awal dia muncul, tapi pakainya kalau lagi males pakai moisturizer,, soalnya pake sunscreen aja udah cukup ngelembapin.. poin plusnya lagi karena ada Zinc Oxide, nyari sunscreen Zinc Oxide di Indonesia & harganya terjangkau masih super susyeh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyess. akupun pagi suka skip moisturizer. dari serum langsung ini aja. hehe. jarang2 niih nemu sunscreen yang layak review, makanya yang ini direview. haha

      Delete
  6. Nambah lagi nih referensi untuk peralatan kecantikan.. dan semakin binguung hahahah Fikaa tolongiiin hahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha. pusing emang mba sandra. aku dlu pas awal2 melek skincare lama juga baca2 di forum FD dan blog2 orang sebelum mutusin mau coba produk apa. haha

      Delete
  7. salah satu tahapan di Korean Skincare jg ada sunscreen tp aku mulai pake sunscreen pas mau travelling ke bali. hehehe...dan itu pun gak di reapply :)

    oia, pgn dong post ttg cara baca ingredients di produk skin care. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga gak gitu paham tentang ingredients sejujurnya. baru setahun belakangan ini aja mulai lebih cari tau. paling aku cuma googling aja nama kandungan yang ada di boxnya untuk tau itu apaan. hehe

      Delete
  8. Bener banget ya..pantes walau ga kemana mana tapi drak spot banyak. Ternyata jarang pake sunscreen

    ReplyDelete
    Replies
    1. yess.. dark spot itu kuncinya di sunscreen :D

      Delete
  9. Wah, reviewnya in-depth sekali! terima kasih kak udah share ilmu!

    ReplyDelete
    Replies
    1. mudah2an karena terlalu in depth gak jadi bikin pusing yaa, jarang2 nih aku tulis review pake jelasin ingredients. hahaha

      Delete
  10. Re apply tuh emang malesin ya kak klo buat gie, habis repot musti ulang make up di sela2 meeting hehehe. Palingan re apply sama bedak aja sih habis wudhu 😁😁😁

    Jd penasaran sama skin aqua, langsung deh cari di drugstore

    ReplyDelete
  11. Re apply tuh emang malesin ya kak klo buat gie, habis repot musti ulang make up di sela2 meeting hehehe. Palingan re apply sama bedak aja sih habis wudhu 😁😁😁

    Jd penasaran sama skin aqua, langsung deh cari di drugstore

    ReplyDelete
    Replies
    1. asalkan bedaknya udah ada spf mah gpp lah buat reapply daripada gak ya kaan. haha

      Delete
  12. Kakfikaaa makasih pencerahannya. Aku seneng baca postingan ini hehehe:D
    aku udh sebulanan gapake sunscreen gegara abis blm beli hehe. terus aku kira pake bb cushion yg udh ada kandungan sunscreennya udah cukup. jadi tetep kudu pake susnscreen yah kak fika?

    Dari harga masih bersahabat sih. Patut dicoba. makasih kak fika :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya bb cushion sih ya lumayan lah ya dari pada gak. tp emang sebaiknya tetap pakai sunscreen dulu sih. karena kandungan sunscreen di skincare sama make up pasti beda :D

      Delete
  13. aku udah stop pake ini padahal enak bgt siih dipakenya.. soalnya uda ada rangkaian sunscreen dari skincare yg ak pake skr.. rekomen bgt emang ini skin aqua..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya put. enak banget emang sunscreen ini. kamu skr pakai sunscreen dari skin clinic yaa?

      Delete
  14. makasih udah di colek apikaaah.. Pengen review yg watery gel deh kalau yang sekarang udah abis.. gue pakenya diirit2 karena takut gak nemu lagi produknya hahaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha. titip lagi lah bundo sama siapa yang ke spore :p

      Delete
  15. Daripada emosi karena muka ada dark spot-nya mending pencegahan ya dengan rajin pakai sunscreen :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa bangett. mencegah lebih gampang dibanding mengobati. bukan begitu bu dok? hehe

      Delete
  16. Di jabodetabek masih susah yaa kak cari produk skin aqua yg spf 50.. ketemunya yg moisture gel spf 20, padahal penasaran banget pengen coba. Apalagi aku mau ga mau harus pakai sunscreen, soalnya kalo kena matahari yg menyengat langsung iritasi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. di luar jabodetabek emang lebih gampang ya ndah? aku jarang bgt emang liat yang spf50 ini sih. selalu adanya yang sf20 atau spf25

      Delete
  17. Akupun pakai sunscreen baru 2 tahunan kali ya. Biasanya mengandalkan si BB cream aja yang spfnya hanya 15, huhuhu. Kalo dari cerita fika ini mirip yg sekarang kupakai, sepertinya bisa jadi alternatif. Mamaci fikaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah. udah bb cream dan cuma spf15? baiknya ttp pakai sunscreen dulu. katanya sih buat di Indo sebaiknya pakai yang minimal SPF30 dan jangan lupa cari yang ada PA++ nya juga

      Delete
  18. Fika, lengkap banget reviewnya! Akupun termasuk yang malas pakai sunscreen kalo di rumah. Errr jadi takut deh, karena tanda2 aging mulai terlihat, hiks hiks... Skin Aqua ini emang enak ya dipakenya, ringan banget...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kebiasaan ti klo ud nulis suka gak sadar ud kebanyakan, mudah2an emang lengkap dan berguna ya reviewnya bukan yang ngalor ngidul. haha. buat umur2 kita udah wajib banget pakai sunscreen ti. harusnya malah dari early 20s

      Delete
  19. aku udah hampir 2 tahunan pake sunscreen yg type ini, waktu awal-awal pake sunscreen, aku masih gonta ganti dg merk korea yang belinya di olshop (versi sample).
    Dulu pake ini muka aku jadi kusem, pernah juga pernah pake yg type spf 25, dan jerawatan (gatau kalo dulu harus double cleansing) hehe. Seiring waktu, akhirnya saya coba konsisten sama si sunscreen ini, dan sejak kenal sama micellar water, setiap pulang kerja selalu double cleansing, alhamdulillah jerawatan bukan karena si sunscreen ini ehehe.
    Akhirnya ini jadi HG aku dan selalu stock kalo udah tinggal dikit. Bahkan sehari-hari kalo bener-bener males cuma pake sunscreen dan bedak tabur aja, muka aku jd cerah :). efek lembabnya sama kaya pake pelembab. Untungnya di dkt kantor aku, supermarketnya jual yg type ini, jadi ga susah buat restock. tapi waktu liat postingan ka fika yang beli type spray di SG, aku telat nitip...(masih ada sisa ga ka? hehe).

    Btw thanks reviewnya ka fika. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa kadang orang menyalahkan sunscreen bikin breakout padahal bisa jadi karena cleansingnya yang gak bener. hehe. nah yang spray sayangnya gak masuk Indonesia yaa. dan aku ga ada sisa sunspray lagi. haha

      Delete
  20. saya oily skin mbak tapi cocok kok pake skin aqua yang ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya memang ini sbnrnya buat all skintype tapi karena milk biasanya lebih untuk normal to dry. Umumnya klo oily disarankan yang gel. tapi kan tergantung kondisi kulit, ga ada aturan sakleknya. kayak misalnya kulit aku kering, tp aku cocok pakai cleanser yang sbnrnya lebih ditujukan buat combi/oily :D

      Delete
  21. Hai Kak
    Aku dulu sempat pakai ini, tapi jadi bruntusan dan suka merah-merah gitu kak -_-"
    Trus aku coba pakai Emina Sun Protection SPF 30 PA+++ , dan enak banget di wajah jadi melembabkan juga (kulit aku tipe kering), jadi aku nyetok Emina-nya.
    Dan beberapa waktu yang lalu aku nemu Hada Labo CC Cream varian Ultimate Anti Aging yg udah lengkap dengan SPF 35 PA+++ dan cucok banget kak di aku, jadi hari-hari sekarang pakai CC cream ini.
    Emina-nya sesekali tetap aku pakai kalau lagi keluar yg deket2 aja, dan yang Skin Aqua-nya sekarang aku suka pakaikan ke tangan dan kaki aja kalau mau keluar dan panas-panasan di siang hari ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. skincare cocok-cocokan emang. gak ada 1 skincare yang udah pasti cocok di semua orang. hehe. aku punya juga nih sample size eminu sun protection tp blm dicoba. banyak yang bilang bagus emang emina kayaknya ya.

      btw, aku gak rekomen pakai CC cream berspf only sih. sebaiknya tetep pakai sunscreen terpisah. karena bb/cc/dd cream itu jatohnya tetap make up :D

      Delete
  22. Suka banget sama sunscreen ini 💕

    ReplyDelete
  23. Kak. Ini untuk usia 15thn bisa kah?, oh ya double cleansing itu apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa aja koq. kan emang sebaiknya dari remaja sudah pakai sunscreen. ttg double cleansing coba googling aja ya klo mau yang lengkap. tp di postingannya sudah dijelasin sih. intinya pakai 2 jenis pembersih wajah

      Delete
  24. Aku juga baru2 ini nyobain sun screen ini mbak. Dan aku suka banget, nggak lengket sama sekali. Buat sekedar info untuk online bisa dibeli di nihonmart. 😊

    ReplyDelete
  25. Kak aku minggu lalu baru beli produk ini, akhirnya nemu juga di hypermart setelah lebih dari sebulan keliling nyari di toko kosmetik nggak pernah nemu yang spf 50. Tapiiiii aku baru ngeh pas baca review kakak diatas nyebutin kalo box nya harusnya ada lem nya gitu ya buat tanda kalau itu produk asli? Pas kemarin aku beli boxnya nggak pake lem gitu kak :( saking bahagianya nemu ini jd langsung comot aja. Jadi kepikiran punya aku ini ori nggak ya? 😌

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku gak tau juga sih. mungkin ud dibuka sama yang jual lemnya. wkt itu aku sempet baca di IGnya aja sih ttg lem itu

      Delete

I really appreciate every single comment that you left in my blog..Do not hesitate to say anything..but, please use a proper word :)