Beauty

Cara Mengatasi Hormonal Breakout

Friday, August 05, 2016

Assalamualaikum,


Sebenarnya sudah sejak bulan Juni saya mau share tentang cara mengatasi hormonal breakout. Tapii, baru sekarang ada waktu untuk duduk dan nulis. hehe. Kulit saya sendiri sebenarnya bukan tipe yang acne prone. Bisa dibilang saya jarang jerawatan dan biasanya hanya saat mau haid muncul 1-2jerawat. Tapi, beberapa bulan lalu hormonal breakout yang cukup parah pun muncul dan sempet buat saya desperate. haha. Kalau yang sering baca blog ini, pasti udah tau kalau akhir April lalu saya menjalani operasi kecil yang namanya laparaskopi. Dan sepertinya itu membuat hormonal acne/breakout bermunculan.

Sekitar seminggu setelah laparaskopi, jerawat di daerah dahi muncul dari yang awalnya cuma 1-2, lama-lama jadi makin banyak dan cukup besar. Kebetulan area wajah saya yang paling sering kena breakout adalah dahi/jidat dan kadang di dagu. Di tahun 2010, 2-3bulan sebelum nikah pun muncul bruntusan dan jerawat di jidat yang gak hilang berbulan-bulan. Sekitar 1-2bulan setelah nikah kayaknya baru pada berkurang.

Bulan Mei lalu saya awalnya sudah pasrah liat kondisi jidat, karena biasanya hormonal acne ini disaya kempes satu muncul dua, kempes lagi muncul tiga. Jadi bisa dibilang gak kelar-kelar dan kalau lagi apes bisa 3bulan atau lebih begitu terus. Tapi alhamdulillah kali ini saya menemukan cara yang cukup ampuh dan dalam 1bulan hormonal breakout saya bisa membaik dan sekarang tinggal bekas-bekasnya aja. Di akhir postingan saya akan share fotonya. Buat yang gak sanggup liat jerawat gede-gede, jangan scroll sampai paling bawah ya. haha

Jadi selama kena hormonal breakout, saya benar-benar meminimalisir penggunaan skincare. I just make it simple, no long step like usual. Bahkan awal-awal breakout mulai bermunculan saya stop semua skincare dan cuma pakai cleanser saja selama 2-3hari. Dan ini adalah beberapa produk yang menurut saya cukup membantu saya dalam mengatasi hormonal breakout. Tidak semuanya dipakai secara bersamaan dan bukan berarti ini saja produk yang saya pakai. Karena selain produk ini saya juga tetap melakukan tahap basic skincare dan 1-2x seminggu pakai masker.

Strong Acid dan Beauty Water


Saya sudah pernah review tentang strong acid dan beauty water di tahun 2014. Dan walaupun sekarang saya tidak serutin dulu pakai ini, tapi ketika saya breakout, saya selalu semprot strong acid dan beauty water dulu setelah cuci muka. Menurut saya ini bukan air ajaib yang bisa mengatasi berbagai masalah kulit, karena banyak yang tanya ke saya apa air ini bisa mengempeskan jerawat atau memudarkan flek dan lain-lain. Jawabannya mungkin bisa, tapi harus tetap dibantu dengan skincare yang lain. Jadi bukan hanya mengandalkan dua jenis air ini.

Salicylic Acid dan BHA Serum


Salicylic Acid yang termasuk dalam BHA (Beta Hydroxy Acid) adalah salah satu kandungan yang ampuh banget dalam mengatasi jerawat. Banyak produk skincare yang ditujukan untuk mengatasi jerawat, mengandung salicylic acid. Dan selama breakout, saya menggunakan Bravura London Salicylic Acid 2% dan AM PM skincare BHA Skin Renewal Serum. Tapi saya tidak menggunakannya secara bersamaan. Saya memakai dua produk ini di waktu berbeda.

Bravura Salicylic Acid 2% adalah peel treatment. Jadi dia bukan serum, walaupun ada juga yang suka menggunakannya sebagai serum. Tapi saya prefer menggunakannya sesuai petunjuk dari brandnya yaitu untuk peel treatment. Jadi, produk ini digunakan setelah cleanser. Diaplikasikan secara merata diwajah lalu 10-15 menit kemudian dibilas dengan air. Dan tidak boleh dipakai setiap hari, minimal harus dijeda 1 hari. Saya sendiri biasanya pakai ini paling 2-3x seminggu dan tidak selalu setiap minggu. Jadi misalnya minggu ini saya pakai 3x, minggu depannya saya tidak pakai. Tapi kalau minggu ini hanya saya pakai 1x, minggu depannya mungkin saya pakai lagi. Benar-benar lihat kondisi kulit, jangan sampai over exfoliating yang malah bikin kulit makin kering. Selain itu biasanya setelah pakai salicylic acid peel ini saya pakai hydrating mask lagi setelahnya, seperti Antipodes Aura Manuka Honey Mask, Andalou Rosewater Mask, dan Ioma Smoothing Moisturizing Mask. Dan setelah itu saya skip acid toner dan langsung hydrating toner, lalu serum dan face oil. I always make sure that my skin get extra hydration after peeling/acid treatment. Btw, saya beli Bravura ini pas ke london. Tapi di online shop setau saya sudah mulai banyak yang jual, seperti di www.benscrub.com.

Sedangkan untuk AM PM Skincare BHA Skin Renewal Serum biasanya saya pakai di minggu saat saya tidak menggunakan Bravura. Dan hanya 3hari berturut-turut. Kenapa? karena saya tidak mau kulit saya yang sudah cenderung kering jadi makin kering dan agar si breakoutnya tidak terbiasa dengan produknya, jadi saya suka membatasi penggunaannya. BHA serum ini biasanya saya gunakan setelah cleansing, lalu lanjut toner (biasanya saya pakai thayers), dan langsung BHA serum. Setelah ini saya biasanya tidak menambahkan produk lainnya. Paling kalau muka terasa sangat kering, minimal 20menit setelah saya apply BHA serum baru saya layer dengan face oil. Setiap kali menggunakan produk acid memang disarankan untuk tidak langsung menimpanya dengan produk lain, tapi diamkan dulu 10-20 menit. Kalau produk ini saya dapat dari online shop di IG @tokotujuhpuluh yang pernah saya tulis unboxing post-nya.

Dan kedua produk ini hanya dipakai di malam hari. Sangat tidak disarankan untuk menggunakan salicylic acid di pagi hari. Selain itu, kalau menggunakan salicylic acid usahakan banget jangan skip sunscreen di pagi harinya karena salicylic acid membuat kulit lebih  rentan dengan sinar matahari, bikin jadi gampang merah-merah atau kena sunburns. 

Kypris Clearing Serum


Ini adalah favorit serum dalam menyeimbangkan kondisi kulit dan membuat jerawat tidak mudah muncul. Saya tidak merasa serum ini mengempeskan jerawat secara instan. Tapi dengan rutin menggunakan serum ini di pagi dan malam hari saya merasa hormonal breakout saya lebih terkontrol. Biasanya setelah cleansing/double cleansing dan toning/double toning saya langsung apply Kypris Clearing Serum ke wajah dan leher. Setelah itu saya biasanya lanjutkan dengan Kypris Antioxidant Dew atau kadang Aurelia Revitalize and Glow Serum, lalu lanjutkan dengan Face oil di malam hari atau Skin Aqua sunscreen di pagi hari. Saya beli kypris ini juga pas ke london, tapi setau saya di www.gorjesid.com juga jual malah ada versi share-nya juga kalau tidak salah. 

Mario Badescu Drying Lotion


Ini adalah spot treatment yang sejauh ini paling ampuh di saya. Selain mario badescu drying lotion ini saya sudah coba mediklin, benzolac, sampai cosrx acne patch, tapi yang paling keliatan hasilnya di saya ya mario badescu. Saya biasanya pakai ditahap paling akhir sebelum tidur dan hanya di jerawat-jerawat yang sudah besar saja. Dan lagi-lagi saya pakai maksimal hanya 3-4hari berturut-turut. Kalau belum kempes atau mateng juga jerawatnya ya saya coba treatment yang lain atau diemin dulu tanpa spot treatment. Mario badescu drying lotion ini rasanya banyak dijual di olshop, saya sih belinya sudah cukup lama di @preorderbymimo.

Sebenarnya selain produk-produk di atas, yang saya rasa juga cukup membantu adalah masker-masker yang juga rutin saya gunakan 1-2x seminggu. Tidak ada masker khusus, saya ganti-ganti aja penggunaan masker sesuai mood, yang jelas biasanya yang deep cleansing mask, seperti glamglow, blackout mask, menard clay pack, dan may lindstorm problem solver. 

Dan ini adalah foto perkembangan hormonal breakout saya dari waktu-waktu. Maafkan warna kulit yang terlihat beda-beda karena efek lighting berpengaruh. Bisa dibilang ini pertama kalinya saya mengalami breakut yang separah ini. Dan ini sebenarnya di dagu juga ada, tapi saya gak foto karena gak sebanyak di jidat. Maafkan buat yang geli liat foto jerawat matang, tapi ini untuk kasih bukti progres breakoutnya.


Semoga postingan ini bermanfaat yaa. Kalau ada yang mau share tentang pengalaman breakoutnya boleh banget lho :)

You Might Also Like

22 comments

  1. Wah, sepertinya manjur ya Fika! Aku jg sering banget kena hormonal breakout huhu, btw produk2 diatas bisa dibeli dimana ya? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di aku alhamdulillah lumayan berhasil walaupun sebenarnya udah pasrah sih kalau memang lama kempesnya. haha. btw, beli dimananya sudah di update di postingannya yaa sandra :)

      Delete
  2. Akhirnya kak Fika sharing soal hormonal breakout juga, akupun sama hampir tiap bulan selalu kena hormonal acnes, yang tadinya dua jerawat belum beres bekasnya uda timbul lagi dua yang baru, puncaknya jadi breakout deh. Mau tanya dong kak kalo Mario Badescu itu kerasa setelah dipakai gimana? maksudnya apa kerasa gatel atau tingling sensations atau gak ada kerasa apa-apa? soalnya aku sering nyobain produk untuk ngeringin jerawat yang malah membuat gatel jadinya jerawatku sering ku gosok-gosok gitu, kalo ga ada kerasa apa-apa aku penasaran mau nyobain Mario Badescu ini. Terimakasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa, baru sempet duduk dan nulis. Padahal udah difoto dari lama. hehe. Pakai mario badescu ini biasa aja sih, ga ada tingling, malah agak dingin-dingin gitu. Tapi kalau pas jerawatnya udah mau pecah atau yang ud mateng banget, kadang agak perih jadinya, tp itu kayaknya karena ada yang luka atau kebuka kulitnya kali ya. Dan ini gak bikin gatel sih di aku. Aku pakenya bener2 cuma dijerawatnya aja

      Delete
  3. Parah juga yah Kak Fika breakoutnya :'DD
    Btw brandnya banyak yang nggak aku kenal hehehe jadi dapet info baru deh. thanks for sharing.

    ps: mau request kalo versi drugstore ada nggak ya untuk mengatasi breakout kayak gini? temenku minta saran tapi akupun bingung jawabnya. *maapincurhat*

    mamacih Kak Fika :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe. iya ini rata2 gak bisa di dapat di Indonesia emang, jadi ga familiar yaa. Tapi di olshop sebenarnya udah banyak yang jual koq.

      Klo versi drugstore aku kurang tau sih. Soalnya jujur aja kalau untuk skincare aku jarang pakai dari drugstore :D tp yang sering aku dengar untuk spot treatment ada yang namanya benzolac dan itu di jual di drugstore atau apotek.

      Delete
  4. gue banget Fikaaaaa, hormonal breakout.
    tiap mau mens skrg pastijerawatan, dan berbekas zzz kzl.
    ak ngatasinnya cm pake double cleansing yang rajin aja sih, tp ya itu jd berbekass *sedih.

    Thanks for sharing Fikaaaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah sekarang kalau mens jerawatnya lumayan terkontrol. Gak sampe yang parah banget. dan iya emang double cleansing ngaruh banget sih. ini juga kan aku pake segala macem bekasnya mah tetapp. tp paling 2-3bulan juga pudar sendiri klo rutin skincare-an. haha

      Delete
  5. Baru baca dengan seksama.. hmm jd pengen ambil si clearing serumnya juga nih di gorjesid.com.. hahahhaha.. makasih yaa apikaaah udah dipromoin :D

    ReplyDelete
  6. Sama kayak Iffa, jadi tau banyak brand baru dan manfaatnya. Banyak juga ya Kak, musti telaten gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa. klo skincare kuncinya mesti telaten nia :D

      Delete
  7. Mba Fika seprtinya kita sama, bulan ini aku kena hormonal breakout (lagi), pasca nikah juga gitu... pas searching muncul blog ini... habis aku bingung kan ya jerawatnya macem daging yang bikin cenat cenut gt padahal mukaku bukan jenis acne prone.. aku juga meminimalisir skin care tapi bingung pake skin care apa ya yang nampol buat jerawat tipe ini... thank you sharingnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau sudah hormonal breakout paling bingung emang. susah diapa2in. kadang harus pasrahin aja, hehe

      Delete
  8. Kak, di postingan blog giveaway sy minta Kafika buat posting ttg breakout, sy udh sempet baca yg ini, dan ikutin tahap2nya, tp ga ngerti lg kayaknya ini bukan hormonal breakout, salah produkpun rasanya jg engga, wajah keliatan lebih bersih, cm ya jerawatnya timbul tenggelam :"

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, jerawat memang timbul tenggelam sih. abis aku tulis ini dan jerawat hilang juga bukan berarti jerawatnya ga muncul lagi. haha. susah emang klo jerawat. aku ud ditahap pasrah sih, nanti lama-lama juga gulang. yang penting kondisi kulit keseluruhan tetap sehat dan lbh glowing. jerawat itu kan tandanya kita juga manusia. hahaha

      Delete
  9. fika...ini kayak kondisi wajah aku sekarang jerawat 1 hilang 3 muncul lagi gitu terus udah berbulan2 :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku sampe skr juga masih muncul terus. tricky banget emang hormonal acne gini deh. huhu

      Delete
  10. mbak, ada rekomendasi serum ato apa gitu untuk ngilangin bekas breakout nya? mukaku jadi banyak spot merah item dan aku bukan pemakai foundie ato bb cream buat nutupin spot. thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. rajin aja rutinin skincare stepnya. nanti lama-lama juga hilang sndiri koq. aku bukan tipe yang suka pakai produk khusus untuk hilangin bekas jerawat soalnya. percaya klo nanti lama-lama akan pudar sendiri

      Delete
  11. Mbak terima kasih sharingnya tentang hormonal breakout. Sekarang aku lg menghadapi situasi itu mbak. Pdhl selama ini ga pernah jerawatan, tetiba 3bln terakhir ini jerawat besar2 banget di pipi. Akhirnya sejak hormonal breakout, aku memuruskan berhenti pake erha karna ga ngebantu malah tambah berminyak. Sempet desperate banget mbak. Apalagi aku kerja di kantoran yg harus terima klien dari sana sini. Komen2 mereka yg kaget liat mukaku berjerawat kadang bikin aku nangis di toilet hahaha. Aku bener2 stop pake make up, jd cuma semprot beauty water aja.

    Akhirnya nemu artikelnya mbak fika pagi ini. Insyallah aku mau mulai coba mbak. Oh iya mbak punya rekomen pelembab yg bagus utk jerawat ga? Soalnya aku bener2 ga pake krim apapun tiap ke kantor :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga cepet kelar masalah hormonal breakoutnya yaa. aku jarang pakai pelembab buat pagi, agak males aja. klo malam lebih suka pakai face oil.

      Delete

I really appreciate every single comment that you left in my blog..Do not hesitate to say anything..but, please use a proper word :)