Events

Belajar Reksadana Bersama Manulife

Friday, July 01, 2016

Assalamualaikum,


Baca judulnya kayaknya berat banget ya bahasan saya kali ini. hehe. Jadi, tanggal 23 Juni lalu saya dan teman-teman Indonesian Hijab Blogger diundang ke acara Shariatalk dan buka bersama Reksadana Manulife di Kedai Kopi 89, Kemang. Di acara tersebut kami ngobrol santai tentang Reksadana dalam perspektif syariah bersama Gunawan Yasni yang memang adalah praktisi pasar modal syariah.

Saya sendiri sebenarnya bisa dibilang buta banget tentang reksadana. Selama ini yang saya tau reksadana adalah salah satu cara investasi, tapi saya sendiri pun belum pernah mencoba untuk berinvestasi di reksadana. Jadi datang ke acara shariatalk ini membuat saya sedikit lebih mengerti tentang reksadana, khususnya reksadana syariah.





Jadi sebenarnya apa sih reksadana syariah itu?

Hampir sama dengan reksadana konvensional, Reksadana syariah adalah wadah yang digunakan untuk menghimpun dana masyarakat pemodal. Selanjutnya, dana tersebut akan diinvestasikan dalam portofolio efek oleh Manajer Investasi. Yang membedakan adalah pengelolaan reksadana syariah harus patuh dan tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip syariah.

Pada dasarnya di reksadana syariah kita memilih instrumen investasi yang halal dan menghindari jenis-jenis usaha yang bertentangan dengan prinsip syariah. Seperti misalnya perjudian, bank dan asuransi konvensional, pedagang makanan dan minuman haram, ataupun penyedia barang dan jasa yang merusak modal serta bersifat mudharat.

Selain dikelola dengan cara yang halal, reksadana syariah juga diawasi oleh DPS/ASPM (Dewan Pengawas Syariah/Ashil Syariah Pasar Modal) serta ada proses cleansing. Jadi sebagai orang islam kita tidak memakan keuntungan dari bisnis yang tidak halal, mudharat dan tidak juga memakan riba. Saham yang lulus seleksi syariah juga memiliki ketentuan maksimal tingkat hutang (45%). Ini menurunkan resiko default pada perusahaan tersebut dan juga meningkatkan kehati-hatian perusahaan dalam mengelola bisnis karena mayoritas modal yang di pakai adalah modal perusahaan (bukan pinjaman). Saham-saham yang lulus seleksi syariah juga diawasi oleh dua lembaga tambahan (selain Otoritas Jasa Keuangan / OJK) yang menyebabkan pengawasan yang dilakukan akan lebih teliti dan terseleksi.



Lalu, bagaimana cara berinvetasi di reksadana syariah? 

Yang paling gampang adalah melalui website www.klikmami.com. klikMAMI adalah situs transaksi online Reksadana Manulife yang bisa diakses darimanapun dan kapanpun. Dari memulai berinvestasi, melakukan berbagi transaksi seperti pembelian, pengalihan dan pencairan, memonitor portofolio investasi sampai memperbarui data, dapat dilakukan di klikMAMI. Semua full online, tidak perlu tanda tangan basah, tidak pakai kirim-kirim dan jemput dokumen. Cara registrasinya juga mudah banget, tiinggal isi data-data yang diminta, upload foto KTP, dan tunggu telepon verifikasi dari CS MAMI. Setelah itu kita bisa langsung mulai berinvestasi. 

Kelebihan investasi reksadana syariah melalui klikMAMI selain mudah, bisa dimana dan kapan saja, adalah Aman dan Rahasia. Setiap transaksi diamankan dengan password sekali pakai dan akun klikMAMI kita juga diamankan dengan password pilihan kita. KlikMami juga menyediakan layanan investor setiap hari mulai pukul 08:00 hingga 22:00. 

Pertanyaan utamanya adalah kenapa sih harus investasi di reksadana syariah manulife?

Tidak bisa dipungkiri investasi itu perlu banget, terutama karena adanya inflasi. Kita harus punya back up plan di dalam hal finansial atau cadangan dana untuk masa depan jika ada hal yang tidak diinginkan terjadi. Karena kita kan tidak akan bisa mengetahui secara pasti apa yang akan terjadi nantinya. Dan ada banyak cara untuk berinvestasi. Yang paling umum dan banyak dilakukan orang adalah melalui emas atau mungkin investasi di bidang properti. Karena dua hal itu yang harganya cenderung naik dari masa ke masa. Tapiiii, investasi di dua hal tersebut membutuhkan dana yang tidak sedikit. 

Makanya investasi di reksadana syariah menjadi salah satu pilihan. Salah satu keunggulan investasi di Reksadana Manulife adalah terjangkau, bisa dimulai dari Rp 100.000,-. Kita sebagai investor juga tidak perlu repot, karena investasinya dikelola oleh para profesional di bidang investasi. Dan sifatnya likuid, jadi bisa dicairkan kapan saja kita mau. Dan tentunya karena menerapkan prinsip syariah, kita sebagai umat muslim pun berasa lebih aman.






Jadi, tunggu apalagi langsung sekarang aja daftar di klikMAMI dan mulai berinvestasi di reksadana syariah. 

Thank you Reksadana Manulife for having me :)

You Might Also Like

2 comments

I really appreciate every single comment that you left in my blog..Do not hesitate to say anything..but, please use a proper word :)