Beauty

Skincare for Travelling #3 : Winter in London

Wednesday, March 02, 2016

Assalamualaikum,


Sebenarnya saya sudah gak sabar mau share tentang london beauty haul, tapi ditahan dulu dan kali ini saya mau share tentang skincare for travelling, terutama untuk ke negara winter. Sebelumnya saya pernah dua kali share tentang skincare for travelling. Pertama saat ke Kuala Lumpur tahun 2014 yang bisa dibaca disini dan kedua saat umroh lalu lanjut ke Singapur tahun di 2015 yang ada disini.  Saya juga ada share sedikit tips tentang skincare saat travelling disana :)

Nah, kali ini saya mau share tentang skincare yang saya bawa ke London awal Februari lalu. Saya bawa beberapa skincare tapi pada akhirnya gak semua dipake. Ada yang dipakainya khusus di pesawat aja, karena saya skincare-an di pesawat. haha

Seperti yang sudah sering saya tulis di blog ini, kulit saya tipe yang cenderung kering dan sensitif. Jadi, jalan-jalan ke negara winter sudah hampir dipastikan kulit saya pasti akan bermasalah. Dan memang benar, saya alergi suhu dingin yang ekstrem, biasanya badan akan merah dan bentol-bentol. Berhubung badan sudah dilapis-lapis, jadilah di hari pertama saya di London yang jadi bentol dan merah-merah adalah muka saya. Sempet kaget, karena biasanya gak pernah dimuka. Tapi ya begitu suhunya sudah tidak terlalu dingin dan saya sudah didalam ruangan, bentol dan merah-merah di muka menghilang sendiri sih. Dan beberapa kali, saya suka merasa kulit di daerah hidung dan bibir kering banget sampai agak ngelupas sedikit. Tapi alhamdulillah semua aman, saya tidak mengalami breakout atau kulit kering yang berlebihan.

Di postingan ini saya akan share apa yang saya pakai di pagi dan malam hari, serta ada beberapa produk yang saya pakai sekali-sekali saja, dan tentunya ada juga produk yang bahkan tidak saya pakai sama sekali. haha

AM Skincare Routine


Pagi hari saya cuma bersihin muka pakai Bioderma Micellar Water versi travel size dapet dari freebies sociolla yang pas banget buat dibawa traveling, terus mandi. Abis mandi, lanjut pakai Nuxe Gentle Toning Lotion (produk ini pun bisa dibeli di sociolla) dan semprot Jurlique Rosewater Balancing Mist. Bisa dibilang saya pakai double hydrating toner, tapi sebenarnya yang Nuxe karena saya pakai kapas, jadi sekalian untuk bersihin sisa-sisa kotoran yang gak keangkat dengan bioderma. Abis itu saya semprot SKII FTE yang saya pindahin ke botol spray Muji yang kecil dan lanjut pakai serum Antipodes Apostle. Untuk pelembab saya pakai Antipodes Vanilla Pod Hydrating Day Cream yang saya jarang banget pakai di Jakarta karena terlalu lengket. Tapi dipakai di London rasanya pas, tidak terlalu lengket. Walaupun lagi winter, saya tidak skip sunscreen, soalnya kan saya akan seharian diluar untuk jalan-jalan. Jadi saya pakai L'Institut Helio Potency Sunscreen. Pas di London saya beli Nivea Refreshing Sun Spray, jadi saya pun lebih sering pakai itu.

TAPIIIIII ternyata saya salah. Nivea sun spray itu BUKAN buat muka, tapi badan. Dan saya baru sadar itu TADI MALAM. Yesss, tanggal 1 maret malam. Yang mana berarti saya sudah pakai nivea sun spray di muka saya selama ada kali seminggu lebih. Saya juga gak tau kenapa saya bisa berpikir itu sun spray buat wajah. hahaha. Untungnya gak ada masalah dan aman-aman aja kulit wajahnya. Tapi parahnya lagi saya sudah meracuni teman saya untuk beli juga dan dia pun sudah pakai dimuka. Maafkan sayaaa amaaamm :* haha

PM Skincare Routine


Untuk malam hari, saya melakukan double cleansing. 2 hari pertama saya pakai Menard Cleansing Cream dan Su:m37 White Enzyme Powder Wash. Tapi ternyata saya merasa wajah saya agak kering. Makanya saya menghindari yang ada busanya dan memilih pakai bioderma dan menard saja. Dan terbukti memang lebih enak di wajah saya. Saya pun tidak pakai toner dengan kapas di malam hari, cuma semprot Jurlique Rosewater Balancing Mist aja dan SKII FTE. Abis itu eye treatment pakai Lancome genifique dan lip balm Nuxe rave de miel. Dua produk ini juga dipakai pagi hari sih, tapi lupa kefoto. Dan untuk nuxe malah dibawa sepanjang hari dan kalau udah merasa kering pasti re-apply. Lipbalm ini lagi sering banget sold out, padahal sebenarnya tersedia juga di sociolla. Jadi harus sering-sering cek udah restock apa belum. hehe, Kalau sudah restock jangan lupa belinya bisa pakai voucher code DEL50, jadi dari harga lipbalm yang Rp 215.000, kalian bisa dapat potongan harga Rp 50.000. Lumayan kan. hehe.

Tadinya saya sempat pakai Shiseido Ultimune dan Antipodes Apostle di malam hari, tapi berhubung sering kali sampai hotel/apartmentnya sudah malam banget dan capek, jadi lama-lama saya skip dan cuma pakai Indeed Labs Hydraluron dan Antipodes Divine Face Oil.

Lagi-lagi ada TAPIIIIInya. haha. Beberapa hari yang lalu saya baca di blognya Caroline Hirons kalau ternyata hydraluron jangan dipakai sebelum face oil. But then, skincare is very personalized, what work on me, doesn't means it will work on you. Dan alhamdulillah duet hydraluron dan antipodes face oil aman di wajah saya dan rasanya lebih lembab dibanding saat saya pakai shiseido dan apostle juga. So yes, sometimes less is more :)

Occasionally Used Skincare


Seperti yang saya sebut diatas, saya pernah beberapa kali menggunakan Su:m37 powder wash dan shiseido ultimune tapi tidak rutin setiap hari. Dan ada 1 malam, kalau tidak salah antara malam ke 3-4 saya memutuskan untuk memakai sheet mask dari klairs karena saat itu saya merasa wajah saya lagi kering dan merah-merah. Lalu saya juga sempat menggunakan Elf Lip Exfoliator di hari-hari awal saya di London karena bibir agak kering dan pecah-pecah, terutama saat saya pakai lipstick matte The Balm Committed dan Anastasia Beverly Hills Dusty Rose. Begitu saya pakai Stila Patina bibir saya aman, bahkan sepanjang hari jarang re-apply lip balm, cukup pagi dan malam. (kebetulan saya memang hanya bawa 3 lipstick itu)

Not Used Skincare


Saat packing skincare yang dibawa saya memutuskan untuk bawa travel size exfoliating toner dari Dr. Jart+ yang saya dapat dari sociolla saat acara soiree with jenahara. Tapi ternyata saya tidak memakainya karena kulit sudah terasa kering, jadi rasanya tidak perlu tambahan exfoliating toner. Saya pun bawa Clinique Even Better Eyes yang ntah kenapa selalu batal saya pakai. haha. Dan saya pun bawa masker menard fairlucent dan beberapa sheet mask yang juga tidak sempat dipakai. Tapi ya tetap dibawa dulu aja siapa tau perlu. haha


Dan semua skincare yang saya bawa saya masukkan di pouch kecil. Tidak memakan tempat yang banyak karena rata-rata sachet dan travel size :)

Begitu sampai di Jakarta, saya memutuskan untuk melakukan skin fasting atau tidak menggunakan skincare apa-apa selama 2 hari. Tapi saya tetap cuci muka pagi dan malam hari. Lalu di malam ke 3 saya hanya cuci muka dan maskeran. Baru di hari ke 4 saya kembali ke skincare routine biasanya. Dan rasanya skin fasting itu membuat kulit lebih oke. Karena biasanya setiap pulang jalan-jalan, bahkan yang cuma ke puncak, tekstur kulit terasa agak kasar dan bumpy, tapi kali ini pulang dari London aman-aman saja. 

You Might Also Like

13 comments

  1. wah toss mba... sama kaya aku, biduran alias alergi hahaha.. sama juga, aku pun alergi dingin. Aku pun juga pernah di Melbourne lagi peralihan dari winter ke summer, masih 17 derajat aja itu udah ketarik banget kulit dan bibir aku. Thank you for sharing mba, jadi nextnya klo pegi2 ke tempat winter bisa lebih well prepared lagi :)

    xoxo,

    Susyana
    heartbeadsusy.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku awal thn 2014 ke hongkong pas lagi winter juga dan belum paham skincare itu berasa banget muka kering dan kusam. haha. padahal pas di HK suhunya 13-14an dan di london bisa sampe 2derajat. Berarti memang skincare ngaruh bangett. haha

      Delete
  2. Aku punya jenis kulit yang sama mba, kering dan sensitif... dan samanya lagi, kalo diudara dingin kulit ku juga gatel-gatel... malah jarang banget jerawatan, lebih sering bentol gatel yg udah pasti bukan karena nyamuk.

    Mba, kalo cream yg murah ada ngga yg bisa buat nanganin masalah kulit kayak saya (maklum buruh)... selama ini saya pakainya Wardah lightening series... disudut bibir saya sering kekeringan.

    terimakasih banyak mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah. mirip ya kondisi kulit kita :)
      kalau kulit kering jangan pakai yang lightening atau whitening, coba cari yang hydrating. Hadalabo setauku ada yang hydrating dan harganya juga cukup oke

      Delete
    2. Oooo gitu mba,,, makasih ilmunya...

      Delete
  3. Aku sih ga ada alergi, cuma kalo di udara yang dingiin banget bisa mendadak muncul ruam merah di badan huhuhuhu.

    Hello!
    Titaz
    www.titaztitaz.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu alergi titaazz. alergi suhu dingin. Aku kalo ke puncak aja bisa tuh paha ruam2, tp begitu mandi air hangat langsung ilang bentol merah2nya

      Delete
  4. mba Fika kalo beli skincare atau kosmetik biasanya mempertimbangkan kehalalan suatu produk nggak ? atau ada tips memilih skincare yang natural&aman ? soalnya aku gak paham mengenai bahan2 skincare/kosmetik, cuma tau kalo gak pake paraben berarti aman. Terima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm. Sejujurnya saya tidak mencari sertifikasi halal di suatu produk karena saya tau namanya produk skincare apalagi dari luar hampir tidak ada yang dilabeli sertifikasi halal. Rencananya nanti saya akan tulis tentang ini karena banyak banget yang tanya. ditunggu aja yaa :D

      Delete
  5. saya juga sekilas udah nyangka yang nivea itu buat wajah soalnya langsung keingetan sama yang versi l'oreal, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha. ya kaaannn. bukan saya aja berarti yang salah kira. hahahaa

      Delete
  6. detail, keceee kak pikaa, :D
    kalo aku mah paleng banter pake sabun cuci muka,pelembab, terus handody lotion, hehe
    *aku mah apa atuhh
    *eaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha. ya gpp toh kalau emang cocok. tapi tambahin sunscreen donk. wajibbb itu :D

      Delete

I really appreciate every single comment that you left in my blog..Do not hesitate to say anything..but, please use a proper word :)