Blog Competition

Fitbar Donor Kalori, Cara Mudah Untuk Berbagi

Thursday, March 31, 2016

Assalamualaikum,


Beberapa hari yang lalu saya share tentang #fitbardonorkalori di instagram mrsdelonikacom. Jadi selama 5 hari, saya mengaitkan alat step counter di celana panjang yang saya pakai di dalam dress dan menggunakannya seharian untuk tahu berapa kalori yang terbakar. Saya pun share di instagram hasilnya. Lalu pertanyaannya adalah buat apa sih tau berapa kalori yang terbakar? 

Jawabannya adalah karena kalori tersebut bisa kita donorkan untuk membantu anak-anak jalanan agar memiliki kualitas hidup yang lebih baik dan tentunya agar mereka memiliki masa depan yang lebih cerah. Masa sih cuma dengan donor kalori kita bisa membantu mereka? Bisa banget! Soalnya Fitbar mempunyai program untuk mengumpulkan 10juta kalori untuk kemudian dikonversikan menjadi uang senilai 500 juta rupiah. Uang tersebut nantinya akan diserahkan ke Yayasan Sahabat Anak yang dikenal selalu memperjuangkan hak anak-anak marjinal dan anak jalanan di Jakarta. 

Tertarik ikutan? caranya gampang banget. 

Fitbar Donor Kalori

Kalau gak punya alat step counter seperti saya, kamu bisa download berbagai aplikasi yang ada di smartphone kamu. Saya coba search "step counter" ada banyak aplikasi yang keluar, atau beberapa aplikasi yang saya tahu bisa digunakan untuk menghitung kalori adalah nike+, custom fit, endomondo, dan my fitness pal


Setelah itu, kalian hanya perlu beraktivitas seperti biasa, mulai dari berjalan kaki, naik turun tangga, ataupun berolahraga, dan cek berapa kalori yang terbakar dari aktivitas tersebut. Foto atau capture jumlah kalorinya dan langsung ke website www.fitbardonorkalori.com untuk mendonorkan kalori. 


Berapapun jumlah kalori yang kalian donorkan akan sangat berarti untuk anak-anak jalanan yang tidak seberuntung kita. Apalagi caranya sangat gampang, gak ada ruginya buat kita sama sekali. Justru menguntungkan karena bikin makin semangat beraktivitas ataupun berolahraga untuk membakar kalori agar mencapai angka yang tinggi untuk didonorkan. Tidak harus pergi ke tempat gym atau suatu tempat khusus untuk berolahraga, hanya dirumah dengan berbekal ipad atau laptop dan youtube pun bisa. 



Berikut saya akan share secara singkat tentang apa saja yang saya lakukan selama 5 hari untuk mendonorkan kalori. Sebenarnya yang disarankan adalah berjalan kaki minimal 10.000 langkah per hari. Tapi tidak gampang ternyata untuk mencapai angka tersebut. haha. Dan di lima hari tersebut biasanya saya menggunakan alat step counter dari bangun tidur hingga sekitar pukul 8 malam. 

DAY 1 


Hari pertama saat saya memutuskan untuk ikut berpartisipasi dalam program fitbar ini pas banget saat saya lagi dirumah seharian dan bisa dibilang tidak banyak bergerak. Sampai sore hari jumlah kalori yang terbakar bahkan belum sampai 50 kcal. Karena itulah saya jadi berpikir untuk melakukan zumba dengan melihat step-stepnya dari youtube. Saya berolahraga sekitar 30-45 menit dan akhirnya hasil di step counter saya menembus angka 205.74 kcal. Sayapun langsung meng-upload fotonya di web fitbar donor kalori dan ternyata angkanya dibulatkan, jadi donor kalori saya di hari pertama adalah 206 kcal. Not bad lah ya untuk pemula. haha

DAY 2


Hari kedua bertepatan dengan dimulainya long weekend. Niat awalnya pengen olahraga pagi, tapi apa daya kasur gak pengen ditinggal. haha. Akhirnya pagi saya diisi dengan menyiapkan makan untuk suami dan berbenah rumah. Lalu, saya dan suami ke rumah orang tua saya dan akhirnya di sore hari kami ke mall untuk nonton Batman vs Superman. Dan ternyata jalan-jalan di mall membakar kalori yang cukup banyak. Bahkan lebih banyak dari kalori yang terbakar di hari pertama. Total kalori yang terbakar di hari kedua adalah 210.41 kcal yang dibulatkan menjadi 210 kcal.  

DAY 3


Niatnya di hari ketiga ini saya dan suami akan ke gym untuk olahraga di sore hari. Tapi ternyata papa saya sakit dan minta diantar ke rumah sakit untuk cek darah. Jadilah hari ketiga ini kalori yang saya donorkan jadi tidak terlalu banyak karena memang saya tidak bergerak banyak. Tapi 120.52 kcal yang terhitung jadi 121 kcal rasanya sudah cukup bagus untuk didonorkan daripada tidak sama sekali. 

DAY 4


Dari awal long weekend, saya sudah berencana mengajak suami ke ikea tapi ternyata baru terealisasi di hari minggu. Saya dan suami sampai di ikea hampir jam3 sore, lalu kami pun melihat-lihat sambil mencari barang yang memang dibutuhkan untuk rumah, Tidak sadar kami hampir 6 jam di ikea dan kalori yang terbakar pun cukup banyak, yaitu 295.21 kcal. Ini jumlah kalori terbanyak yang pernah saya sumbangkan dan satu-satunya hari dimana saya bisa mencapai angka 10ribu langkah. haha

DAY 5


Hari senin kembali saya habiskan dirumah. Tapi kali ini saya cukup banyak bergerak karena saya menghabiskan hari dengan merapikan rumah. Saya mengeluarkan isi lemari karena saya akan punya lemari baru yang dibeli di ikea. hehe. Jadi hari kelima ini adalah hari beberes rumah. Tadinya saya ingin berolahraga ringan dengan melihat youtube lagi seperti hari pertama, tapi berhubung sudah kelelahan, saya pun memilih untuk blogwalking dan baca buku favorit di sore hari. Dan kalori yang saya donorkan di hari kelima adalah 195.18 kcal.

Lihat kan betapa mudahnya untuk berbagi. Hanya dengan melakukan kegiatan sehari-hari tanpa harus mengeluarkan biaya seperserpun dan tidak ada aktivitas yang terganggu, saya sudah membantu anak jalanan. Dan inilah total kalori yang sudah saya sumbangkan ke websiternya fitbar donor kalori. Ada 2 foto yang masih dalam proses pengecekan karena saya telat upload. Dan in shaa Allah saya akan terus berusaha menyumbangkan kalori sampai tercapai angka 10 juta kalori.



Fitbar - Cemilan Rendah Kalori


Ngomongin program Fitbar Donor Kalori tentunya belum afdol kalau belum bahas tentang Fitbar itu sendiri. Jadi Fitbar yang berada di bawah Kalbe Nutritionals adalah cemilan sehat dengan kalori yang lebih rendah dari makanan ringan biasa, seperti 1 buah donat coklat kalorinya sekitar 133 kcal atau lemper 177 kcal. Sedangkan kalori dari Fitbar hanya 90 sampai 110 kcal. 


Fitbar mempunyai 3 varian, yaitu Fruits yang mempunyai kalori paling tinggi yaitu 110 kcal, lalu ada Nuts yang mempunyai kalori 100 kcal, dan yang paling rendah kalori adalah varian Chocolate dengan 90 kcal. Sejujurnya pas tau ada yang namanya cemilan sehat saya tidak berharap rasanya akan enak, karena biasanya yang ada embel-embel sehat rasanya tidak terlalu enak. Apalagi fitbar mengandung manfaat vitamin dan mineral untuk menunjang aktivitas sepanjang hari serta bebas kolesterol. 


Asli saya kaget pas pertama kali gigit fitbar dan ternyata rasanya enak. Sangat diluar ekspektasi saya. Saya sudah coba tiga-tiganya, semuanya enak. Bahkan, saya bingung untuk memilih varian apa yang menjadi favorit. Awalnya saya suka sekali dengan varian chocolate, tapi kemudian saya suka yang nuts, lalu ada saat dimana saya lebih suka yang fruits. haha. Tapi rasanya yang chocolate lebih favorit karena kalorinya paling rendah kali, jadi gak terlalu merasa bersalah saat ngemil. haha

Jadi tunggu apa lagi? Yukk ikutan juga, karena sampai saya menulis postingan ini, jumlah kalori yang terkumpul adalah 6.488.823 kcal, masih kurang sekitar 3,5 juta kcal lagi. Yang perlu diingat adalah program ini tidak hanya membantu orang lain, tapi sebenarnya membantu diri kita sendiri juga. 


"Ini adalah program yang mengajak masyarakat untuk melakukan kebaikan untuk diri sendiri dan demi kebaikan orang lain. Dengan berpartisipasi lewat program Fitbar Donor Kalori, siapapun bisa melakukan donasi dan membantu anak jalanan yang kurang beruntung." - Adinia Wirasti, Aktris dan Sport Enthusiast

Kalau ada yang masih bingung gimana cara ikutan fitbar donor kalori, bisa lihat langsung caranya dari video dibawah ini :)


You Might Also Like

4 comments

  1. semangatzzz mba.

    iya aku juga baru tau fitbar itu enak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kaann. enak yaaa. aku surprise banget lho aslii. haha

      Delete
  2. Ahhh jarang olahraga jadi susye ikut ini, huhuhu. *DL*

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba lah dibaca itu postingannya dari 5 hari,cuma 1 hari lho saya olahraga. selebihnya cuma aktivitas biasa aja :D

      Delete

I really appreciate every single comment that you left in my blog..Do not hesitate to say anything..but, please use a proper word :)