Personal Life

Amalan-Amalan di Bulan Ramadhan Sesuai Sunnah Rasul

Tuesday, July 07, 2015

Assalamualaikum,


Bulan Ramadhan sudah memasuki 10 hari terakhir. Rasanya sedih banget karena Ramadhan akan segera berakhir dan bisa jadi ini adalah Ramadhan kita yang terakhir. Namun, di 10 hari terakhir Ramadhan ini juga ada malam Lailatul Qadar yaitu malam yang lebih baik daripada seribu bulan. Dan ini adalah waktu yang harus benar-benar kita manfaatkan untuk mendapat ampunan dan berkah dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

Postingan saya kali ini  agak sedikit serius. Tapi sebenarnya sesuai dengan tema IHB Blog Challenge bulan Juni-Juli, yaitu tentang Ramadhan dan Idul Fitri. Jadi, saya mau share sedikit tentang amalan-amalan di Bulan Ramadhan yang sesuai dengan apa yang dipratekkan Rasulullah Salallahualahi Wassalam. Karena jujur saja, mungkin sudah 20x Ramadhan yang saya lewatkan (saya lupa usia berapa tepatnya saya mulai puasa full), tapi ada banyak hal yang baru saya ketahui tentang bulan Ramadhan. Dan yang saya share disini bukanlah dari pemikiran saya. Tapi berdasar dari apa yang saya baca dan saya dengan dari ustadz-ustadz yang in shaa Allah mengerti Al-Qur'an dah Al-Hadist. Sebenarnya mau share ini dari awal Ramadhan, tapi belum ada waktunya dan baru sekarang bisa nulis. Semoga bermanfaat yaa :)


Sahur

Sahur adalah berkah. Allah dan para Malaikat-Nya bershalawat kepada orang-orang yang makan sahur. Dan kita disunnahkan mengakhirkan waktu sahur. Batas waktu kita untuk sahur adalah hingga waktu fajar. Sedangkan di Indonesia banyak orang yang menganggap setelah Imsak kita sudah tidak bisa makan atau minum lagi. Ini adalah pemahaman yang salah. Saya pernah baca kalau Imsak hanya dikenal di Indonesia dan beberapa negara di Asia Tenggara saja. Jadi, kalau sudah imsak bukan berarti kita tidak bisa makan lagi, tapi mungkin bisa percepat makannya, sehingga ketika Adzan Subuh berkumandang kita sudah selesai sahur. 

Berbuka Puasa

Sebagai muslim yang baik kita diharuskan untuk menyegerakan berbuka. Jadi, jangan ditunda-tunda. Begitu Adzan Maghrib berkumandang langsung batalkan puasa. Karena sering kali ketika adzan berkumandang dan kita sedang melakukan sesuatu, kita merasa tanggung ingin menyelesaikannya dan menunda waktu berbuka.


Dan yang saya sedih adalah tentang doa berbuka puasa. Di Indonesia, doa berbuka puasa yang diajarkan di sekolah dan ditayangkan ditelevisi adalah Allahumma Lakasumtu.... Padahal doa tersebut tidak pernah dicontohkan oleh Rasulullah. Saya pun baru mengetahui doa yang benar sekitar 2-3tahun yang lalu. Tapi alhamdulillah semakin kesini semakin banyak yang tahu doa yang benar. Semoga kita bisa terus menyebarkan doa ini sehingga lebih banyak orang yang tahu.

Shalat Tarawih


Saya juga baru tahu kalau di Bulan Ramadhan kita tidak dianjurkan untuk shalat tahajud. Karena dengan shalat tarawih bersama imam sampai witir, ditulis baginya pahala shalat semalam suntuk. Shalat tahajud sangat dianjurkan dilakukan di bulan-bulan lain selain Bulan Ramadhan. Namun, ketika Ramadhan, lebih dianjurkan untuk membaca Al-Quran di malam hari. Jangan salah paham, bukan berarti kita tidak boleh melakukan shalat tahajud di bulan Ramadhan, tetap boleh dan in shaa Allah pahalanya juga tetap besar. Untuk penjelasan lebih jelas tentang hal ini bisa dilihat di video yang akan saya share di akhir postingan ini :)

Baca Al-Qur'an


Sebenarnya saya agak malu mengakui kalau saya baru tahu bahwa amalan utama yang seharusnya kita lakukan di Bulan Ramadhan adalah membaca Al-Qur'an. Paling tidak seharusnya kita bisa mengkhatamkan Al-Qur'an minimal 1x di Bulan Ramadhan. Kalau bisa lebih dari 1x tentunya sangat baik. Dan pleaseeee banget, tidak perlu laah di share di social media kita sudah mengaji berapa juz hari ini. Cukup kita dan Allah yang tahu. Kalaupun ingin mengingatkan orang lain untuk mengaji coba cara lain yang tidak perlu menyebutkan amalan yang sudah kita lakukan. Karena jujur saja, saya agak sedih kalau membaca status seseorang seperti "Alhamdulillah hari ini saya sudah mengaji 2 juz"atau "Bismillah, 1 juz lagi khatam" dan lain sebagainya. Dan untuk alasan ini saya sebenarnya kurang setuju dengan ODOJ (One Day One Juz). Programnya sih bagus banget, tapi ketika kita harus memberi tahu ke grup ODOJ kalau kita sudah selesai 1juz hari ini, itu yang rasanya agak kurang pas. Tapi yaa balik lagi ke masing-masing orang. Kan semuanya tergantung niat :)

Bersedekah


Selain membaca Al-Qur'an, bersedekah adalah sesuatu yang sangat dianjurkan untuk dilakukan di Bulan Ramadhan. Sedekah yang paling baik adalah memberi makanan berbuka untuk orang lain, karena kita akan mendapatkan pahala puasanya tanpa mengurangi pahala puasa orang tersebut. Tentang ini saya tidak perlu tulis lebih lanjut lah ya, karena semua pasti sudah tahu kan tentang ini. hehe. 

Itu adalah beberapa hal yang bisa saya share tentang amalan di Bulan Ramadhan. Dan foto-foto diatas saya ambil dari Facebook Alhikmah. Sebagai penutup saya mau share video kajian dari Ustadz Barusalam, LC. Tulisan saya dipostingan ini terinspirasi dari kajian beliau. Semoga bermanfaat. Mohon maaf kalau ada tulisan saya yang salah. Semoga kita menjadi orang yang mau selalu mencari ilmu yang baik dan benar. Dan selamat beritikaf di 10 malam terakhir Bulan Ramadhan :)

Sumber video: Youtube Salam Dakwah

You Might Also Like

2 comments

  1. Alhamdulillah, terima kasih kak fika untuk tambahan Ilmu nya, gie malah baru tahu ramadhan tahun ini do'a berbuka yang benar :( Barakallahu ka fika ^^

    ReplyDelete

I really appreciate every single comment that you left in my blog..Do not hesitate to say anything..but, please use a proper word :)