Personal Life

Cerita dan Tips Hijrah ke Hijab Syar'i

Wednesday, June 17, 2015

Assalamualaikum,


Lagi-lagi saya tidak menulis apapun di blog ini lebih dari 2 minggu. Padahal ada banyak hal yang ingin saya share. Dan berhubung besok sudah masuk bulan Ramadhan, jadi saya rasa topik tentang berhijrah ini adalah yang paling tepat untuk saya share. Semoga tulisan saya bermanfaat dan semua yang saya share disini hanya berdasar pengalaman pribadi saja dan sama sekali tidak bermaksud menggurui, benar-benar hanya ingin sharing aja :)


Kalau yang membaca blog ini dari awal mungkin tahu kalau saya memutuskan untuk berhijab pada bulan Mei 2010 (cerita awal berhijab bisa dibaca disini). Saat itu saya masih berhijab apa adanya. Saya menggunakan baju yang ada dilemari seperti memakai dress selutut dengan legging, memakai jeans plus tanktop dan cardigan, dan berbagai style lainnya. Saya pun mencoba berbagai hijab style, mulai dari jilbab paris yang dililit dileher, jilbab yang dikepang ala elsa frozen sekarang, turban lilit-lilit, sampai shawl yang hanya diikat dibelakang kepala dan hanya pakai ninja. Sejujurnya saya sendiri sekarang tidak habis pikir kenapa dulu saya berpikir style hijab itu keren. Asli saya lihat fotonya aja suka malu sendiri. haha

Alhamdulillah saat Ramadhan tahun 2013, saya diberi hidayah sama Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Mendekati 2 minggu terakhir Ramadhan, saya memutuskan untuk mulai menjulur hijab menutupi dada dan tidak lagi menggunakan celana. Tapi dari beberapa bulan sebelumnya saya sudah memutuskan untuk memakai kaos kaki. Memang sih kaki posisinya dibawah, kadang tidak terlihat atau terlihat sedikit karena tertutup sandal atau sepatu, tapi bagaimanapun juga kaki adalah aurat yang harus ditutup.

Salah satu cara untuk memulai berhijab syar'i adalah dengan menggunakan kaos kaki. Karena banyak yang merasa sulit untuk menggunakan kaos kaki dengan berbagai alasan, seperti ribet, panas, bau, dan lain sebagainya. Agak miris sih sebenarnya, karena saat kita sekolah dari SD sampai SMA setiap hari saat kesekolah kita menggunakan kaos kaki dan tidak masalah dengan itu. Tapi, apa yang diperintahkan Allah Subhanahu Wa Ta'ala malah tidak kita lakukan.

Balik ke cerita hijrah saat Ramadhan 2013. Saya ingat, saaat itu teman sekaligus designer terkenal Dian Pelangi mengadakan photo challenge saat Ramadhan dan tema hari ke 23 adalah chest covering hijab. Dan seinget saya memang mulai saat itu lah saya memutuskan untuk menggunakan hijab yang lebih menutup dada. Prosesnya juga tidak langsung menggunakan khimar panjang, tapi saat itu saya masih menggunakan shawl yang dipanjangin, atau jilbab paris yang lebih simple dan menutup dada. Dan sejak saat itu saya pun jadi mulai belajar seperti selalu menggunakan shawl 2 lapis apabila bahannya ceruti dan transparan seperti jilbab paris. Pokoknya saya berusaha terus untuk memperbaiki diri. Alhamdulillah saya punya teman-teman yang sangat menginspirasi dan sudah lebih dulu hijrah ke hijab syari, seperti Fitri dan Ghaida. Saya banyak belajar dari mereka.

Satu lagi yang memantapkan hati saya untuk hijrah adalah saat saya membaca buku Yuk, Berhijab! dari Ustadz Felix Y. Siauw. Bener-bener buku yang sangat saya rekomendasikan untuk dibaca sama semua muslimah deh. hehe. Buku ini bener-bener membuat saya merasa JLEB JLEB JLEB saat membacanya. Saya jadi merasa banyaknya kesalahan yang saya lakukan dan sampai sekarang pun masih banyak dan saya masih terus berusaha untuk memperbaiki diri. Dan buku tersebut sangat membantu proses hijrah saya. 
Pic from here

Namun, yang paling penting dan yang membuat saya merasa nyaman dalam menjalaninya adalah full support dari suami. Alhamdulillah banget saya punya suami yang membuat saya lebih dekat sama Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Kalau banyak suami lain yang mungkin tidak mau istrinya pakai bergo atau hijab panjang-panjang karena takut istrinya terlihat tua, tidak begitu dengan suami saya. Suami bahkan sangat senang dengan keputusan saya. Suami suka melihat hijab saya yang panjang dan menutup dada serta tidak lagi menggunakan celana. Yaa inilah yang membuat saya merasa mantap untuk hijrah.


Dan percayalah hijab syar'i tidak menghalangi kegiatan apapun yang kalian lakukan. Saya sudah membuktikannya. Saya tetap menggunakan hijab syar'i saat ke pantai, travelling yang membutuhkan kita untuk naik turun tangga dan naik kendaraan umum, bahkan saat nonton konser. Yaa itu tinggal gimana niat kita dan kemantapan hati aja. Kalau saya bisa, saya yakin kalian juga bisa.


Kalau mau dirangkum, berikut tips-tips dari saya kalau kalian ingin memulai atau mencoba untuk berhijab syar'i
  • Begitu ada keinginan untuk mulai berhijab syar'i, langsung mulai. Jangan dipikir nanti begini, tapi begitu. karena gak akan ada habisnya. Biasakan saja diri kita dengan hijab panjang, lama-lama kita akan menemukan kenyamanannya.
  • Kalau kalian aktif di social media, cobalah lebih banyak follow akun-akun yang menginspirasi untuk berhijab syar'i atau follow sosok-sosok inspiratif yang berhijab syar'i. Karena tidak dipungkiri kalau kita banyak follow akun yang memperlihatkan hijab style yang masa kini dan keren, kita juga ingin seperti itu. Yaa kalau sudah begitu, harus diingat balik lagi tujuan berhijab kita apa, untuk terlihat keren dimata manusia atau Allah Subhanahu Wa Ta'ala :)
  • Jangan beralasan untuk berhijab syar'i itu mahal karena harus beli baju baru atau harga baju syar'i set yang mahal-mahal. Kalian bisa koq pakai yang ada. Seperti saya bilang diatas coba pakai shawl dua lapis dan dipanjangkan menutup dada. Beberapa tutorial dan tips sudah saya share dibuku chest covering hijab.
  • Coba lebih banyak membaca buku ataupun tulisan yang bikin kita JLEB JLEB JLEB. Jujur saja, saya dulu males membaca yang saya tau itu akan buat saya JLEB. Banyak yang beralasan, kalau kita sudah tahu ilmunya tapi tidak dipraktekkan kan kita berdosa. Jadi lebih baik tidak baca, jadi tidak tahu, dan tidak berdosa. Padahal ini juga salah. Sebagai umat Islam, kita diwajibkan untuk terus menuntut ilmu Agama. Kita wajib mencari tahu yang benar tentang Islam dan ajaran-ajarannya yang benar-benar sesuai Al-Qur'an dan hadist.
  • Tips yang terakhir ini agak ekstrem, yaitu Fake It Until You Make It. Bisa dibilang sekarang hijab syar'i kan lagi trend, lagi banyak banget brand yang memproduksi baju syar'i. Yaa ikutin aja trendnya. Kalau menurut saya, tidak apa awalnya mau ikutan trend kalau lama-lama jadi terbiasa. Daripada tidak dimulai-mulai. hehe. Yang penting kalau sudah terbiasa dan nyaman, coba luruskan lagi niatnya, jangan karena trend semata tapi harus karena Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

Sekali lagi saya mau bilang kalau ini hanyalah sharing dari pengalaman saya. Saya sendiri sebenarnya masih belum berani menyebut diri saya syar'i. Hijab syar'i yang saya maksud dalam tulisan ini adalah tampilan hijab yang menutup dada, baju longgar dan tidak membentuk badan, dan menutup aurat seperti kaki dan tangan (selain punggung dan telapak tangan). Saya merasa masih banyak sekali kekurangannya dan belum pantas disebut sudah syar'i karena syar'i yang sebenarnya setahu saya adalah yang bajunya polos, tidak bercorak, tidak menggunakan lace atau payet yang bisa menarik perhatian, dan khimar panjang menutup dada dan punggung hingga bokong. Dan saya masih jauh dari itu. 

Anyway, kalau ada yang mau memberi tips lagi boleh lho atau mau sharing ceritanya juga boleh. Langsung komen aja yaaa :) Thanks for reading this long story :D

You Might Also Like

66 comments

  1. Setuju sama tips kak fika yg pertama, jangan tunda-tunda kebaikan.. keep iymt up kak fika, semiga Allaah mudahkan semua urusan kak fika :))

    ReplyDelete
  2. aku belajar banyak dari ka fika, terimakasih sharing nya kak :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama. semoga bermanfaat yaa sharingnya :)

      Delete
  3. aku belajar banyak dari ka fika, terimakasih sharing nya kak :')

    ReplyDelete
  4. Fika mau tanya, daleman pk apa ya? Legging celana lagi? Trus daleman kerudung pk ninja atau bandana aja? Makasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku biasanya pakai rok dalam sih. ga pake legging, soalnya kalau legging kan masih ngebentuk. Atau klo celana pakainya yang model harem pants. Untuk dalam kerudung aku pake yg inner arab yang kayak bandana, aku ga betah soalnya pake ninja. hehe

      Delete
  5. Masya Allah, seneng banget liat ka fika apalagi semenjak ka fika berhijrah, suka kepoin IG kk :D
    saat ini lagi membiasakan menggunakan rok atau longdres, mudah-mudahan aku juga bisa terus mantepin hati dan berhijrah seperti ka fika :) ,

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin. Semoga dimudahkan yaa proses berhijrahnyaa :)

      Delete
  6. Huhuhuuu fikaaa..
    Smtimes gue suka takut baca twit apalagi bukunya Ust Felix, JLEB nya itu lohh T_T
    Doain ya Fik biar gue bisa tampil syari terus kayak elo. Sejauh ini gue lebih prefer pake gamis, sesekali pake celana. Hehee..
    Ada bagusnya juga emang tren syari muslimah masa kini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe. iyaa. kata2nya ust Felix emang suka jleb2. aamiin. in shaa Allah di doain yaa

      Delete
  7. Fika makasi sharingnya. Akupun lagi memantapkan hati buat lbh Syar'i

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bismillah puut. in shaa Allah dimantapkan yaa

      Delete
  8. Thank you fro sharing cerita hijrahnya Kak Fika :)

    ReplyDelete
  9. alhamdulillah..salam kenal yaa kak fika :}

    ReplyDelete
  10. makasih afikaah tipsnya..
    gue lagi di fase I'll fake it until I make it.. huahhahahaha.
    Selain itu lagi mulai banyakin produksi baju syar'i juga biar mau gak mau harus dipake, sekalian jualan hahaahaha.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu salah satu cara bundooo. dari situ lama2 jadi terbiasa kan jadi alhamdulillah :D

      Delete
  11. selalu menginspirasi mba, saya juga mulai mencoba lebih 'lurus' hehe, semoga kita selalu diberkahi, dibukakan hati dan ditunjukkan jalan yg lurus, amiin. tetap istiqomah mba :)

    ReplyDelete
  12. Assalamualaikum Kak Fika,

    Your story little bit inspire me hehee. I'm still in the "thinking phase"
    Mau belajar pake kaos kaki yang bener dulu heheheh
    Btw saya ngefans ama kakak, niat mau ketemu belom bisa terlaksana juga...
    Sekiranya ada event lagi kapan kak, biar bisa ketemu gitu :D


    Dan, how can I buy your book kak?

    www.princessraia.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mudah2an dimudahkan ya prosesnya. Biasanya kalau ada event pasti diupdate di IG koq. semoga kita bisa bertemu yaa :)

      Buku aku bisa dibeli di toko buku koq. coba dicari aja. mudah2an masih ada :)

      Delete
  13. semoga aku juga cepat ber hijrah ke syar'i .. Aamiinn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. semoga dimudahkan prosesnya ya mba :)

      Delete
  14. semoga istiqomah ya mba.... aku selalu jadi silent rider di blog ini tapi tahu mba jadi berhijab syari rasanya ingin mendoakan agar istiqomah... sama2 masih belajar... ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Semoga kita bisa istiqomah ya mba :)

      Delete
  15. iya harus yakin .. jangan pikirkan nanti nya langsung hajar kalau istilahnya jangan banyak mikir

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa, semakin dipikir nanti setannya makin banyak dan jadi makin ragu. hehe

      Delete
  16. Makasih kak fika, jdi jleb sendiri baca.a sambil mengingat jilbab yg ku kenakan belum sesuai

    ReplyDelete
    Replies
    1. smoga proses hijrahnya dipermudah ya :) saya juga masih belajar terus :)

      Delete
  17. Saya sedang berhijrah berbusana syar'i, sepertinya orang melihat saya jadi aneh, ada yang tanya kena aliran apa? tapi saya cuek, lillahita'ala... insyaAllah istiqomah step by step

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang penting kan bukan tanggapan dari manusia, tapi dari Allah. jadi selama kita mengikuti perintah-Nya ya gak usah dipikirin pendapat manusia, yang penting kita contohkan prilaku yang baik jadi mereka juga tergerak untuk belajar islam yang benar :)

      Delete
  18. saya sempat mencoba, namun kadang - kadang ragu,masih menggunakan celana walaupun sudah tidak menggunakan yang ketat lagi, sudah mencoba menggunakan hijab yg menutup dada namun masih banyak kurangnya, kaos kaki masih sering bongkar pasang...hehe... masih banyak orang2 nyinyir tiap kli mencoba menggunakan hijab syar'i...hiks..hiks..hiks...
    salam kenal ya mbak fika...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bismillah. pelan-pelan aja hijrahnya sambil mantapin niat karena Allah bukan karena mau dipuji orang :) Semoga dimudahkan yaa prosesnyaa. kalau yang nyinyir gak usah didengerin. gak akan ada habisnya. hehe

      Delete
  19. Sungguh menginspirasi tulisannya ukhti, saya juga ingin sedikit sharing. Saat inI saya sedang belajar menggunakan jilbab syar'i tapi Yang menjadi kendala saya seeing jadi bahan ketawa sama teman2 kantor Dan as is ten manager saya(non Muslim), bahkan saya dilarang menggunakan rok Dan selalu disuruh menggunakan jilbab Yang dibentuk bahkan dililit. Padahal jilbab seperti itu tidak menutup bagian tubuh saya bahkan menyulitkan saya ketika sholat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm. selama tidak benar-benar dilarang ya kasih penjelasan aja dengan cara yang baik dan tunjukkan kalau kerjaan kita gak berubah dan malah lebih bagus misalnya. tapi klo benar-benar dilarang ya menurut saya tempat kerjanya kurang baik, lebih baik cari tempat kerja yang lain. In shaa Allah rejeki dari Allah bisa datang dari mana saja.

      Delete
  20. Masya Allah sangat menginspirasi kak, keep istiqomah ya
    kebetulan aku juga lagi proses hijrah, mohon do'a nya ya :)

    ReplyDelete
  21. Setuju banget ka sama tips" ka fika . Minta doanya juga ya ka . Aku lagi proses hijrah dan semoga istiqomah . Amin . Sukses juga buat ka fika

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin. Smoga dimudahkan prosesnya yaa. Sukses juga buat kamu :)

      Delete
  22. Asslamualaikum kak fika, sya sdang proses hijrah ttpi sya klao drumah masih pake kaos pendek ma clana pndek krena panas tpi klo kluar sya pke jilbb walaupun blm syar'i, ttpi sya sdah tdk pke clana lgi,
    Kk fika boleh minta srannya...??
    Trimaksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. dirumah maksudnya didalamnya? aku mah juga pake baju pendek. kan ga ada orang. hehe. kecuali kalau keluar pintu rumah baru tinggal kasih abaya dan bergo. ini minta saran apanya?mnrt aku ya udah bagus koq dimulai dengan gak pakai celana lagi :)

      Delete
  23. suka cerita, sampai sekarang saya juga masih belajar untuk konsisten berhijab syari, tp masih sering pakai celana dan baju yang panjang selutut

    ReplyDelete
    Replies
    1. gpp mba. yang penting mau belajar dan pelan-pelan diamalkan. smoga istiqomah yaa :)

      Delete
  24. :) fika aku suka baju yg tengah pinky itu ^^
    Barakallah yaa.. Suami yg mndukung jg, seneng bacanya..
    Aku ngga pede euy klo nonton konser hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih :). Iya alhamdulillah suamiku mendukung banget, seneng dia liat istrinya pakai yang lebih panjang bajunya. hehe. Duhh, nonton konsernya jangan ditiru karena sebenarnya mah gak boleh. tp akunya yang masih bandel.

      Delete
  25. Semoga bisa mengikuti jejak kak fika..menjadi hamba yang lebih baik lagi baik dalam penampilan maupun perkataan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga belum baik mba. Masih berusaha dan terus belajar untuk lebih baik :)

      Delete
  26. Terima kasih kak sharing nya..benar2 bermanfaat, soalny aku berniat mau hijrah ke gamis syar'i tp bingung mulainya harus gimana..harus biasain pake kaos kaki dulu aku setuju banget itu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, mulai dulu aja dari kaos kaki. pelan2 memperbaiki diri :)

      Delete
  27. Assalamualaikum..Ka Fika..postingannya ok banget buat nyemangatin yg lg berusaha utk syar'i..semoga kita semua istiqomah ya..

    Persis kayak cerita kaka di atas, aku dulu juga suka pake hijab lilit sanasini dan berasa keren bgt, tapi pas diliatin skrg kok jadi malu gitu ya wkwkwk:D
    Alhamdulillah, Allah kasih hidayah agar jd muslimah yg lebih baik lagi dan tetap terus belajar..

    ReplyDelete
  28. Kak saya sebenernya sudah berhijab tp pengen banget hijrah ke syar'i,karna saya masih kulia nang umur masih 19 saya takut teman2 saya mengolok2 sama hijab saya yang tiba2 berubah ke syar'i,menurut kak fika gmana solusinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kenapa harus takut diolok2 teman? memangnya kenapa kalau diolok2? berarti mereka bukan teman yang baik kan :) Tidak perlu berteman lah kalau kita mau jadi lebih baik tapi malah diolok2. Teman yang baik harusnya mensupport.

      Saran saya ya coba pelan2 julurkan hijabnya. misalnya pakai shawl tapi panjangin sampai nutup dada, atau pakai jilbab segiempat tapi dipanjangin. yang penting kamunya nyaman.

      smoga berhasil ya :)

      Delete
  29. Kak. Pengen banget berhijab syar'i . Cuma kok kayak repot gitu yah.
    Kalau pake abaya gitu. Kan kebanyakan melilit dan bikin baju kita najis bagian bawahnya.
    Bagi tips nya dong kak . Tips anti rempong berhijab syar'i terutama ketika lagi travelling..
    Terus share pengalaman kakak ketika sholat di luar rumah.
    Saya biasanya selalu pakai pantiliener, tapi saya kemuadian khawatir kalau terus"an pakai pantiliener, tiap ke kampus mesti pakai juga. Karena biasanya sholat di kampus. Mohon Share pengalamannya yah kak.. nuhun n salam kenal kak fikaa:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cari tau deh tentang hadist yang baju kena tanah itu gak najis. karena langkah pertama najis, tapi langkah berikutnya menyucikan najis.
      tips anti rempong? ya jangan di rempong-rempongin. bawa santai aja. aku setiap traveling pakai baju begitu gak ada masalah. karena ga ada beda sebenarnya traveling atau gak. hehe
      klo shalay di luar rumah ya shalat aja sih. aku pribadi gak pakai pantiliner, karena keputihan kan gak najis. dan insha allah aku ga pipis dicelana. haha. tp kalau kamu mau aman coba bawa underwear ganti aja. intinya jangan dibawa repot sih, tp jalanin aja senyamannya kamu :)

      Delete
  30. suka banget sama tipsnya...
    Semoga istiqomah ya, selalu suka liat perempuan yang berjilbab syar'i, adem liatnya. Bismillah, saya juga dalam tahap memanjangkan jilbab. Memang ya kalo dipikirin ina inunya ngga akan ada abisnya. Just do it aja hehe. Salam kenal Fika.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin. salam kenal juga mba. semoga dilancarkan yaa niatnya. just do it aja :D

      Delete
  31. Kak.. kalau ke pantai gimana ya kak? Kan kalau mau main pasir n main air nanti kaus kakinya kotor dan basah... mohon pencerahannya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah pernah aku post sih tentang watersport di tanjong benoa bali :) lagian klo kaos kaki kotor dan basah kan emang main air baju juga basah. hehe. ya tinggal ganti ajaa klo ud kelar main airnya :D

      Delete
  32. kak, saya mau tanya nihh, sebenernya pake celana buat wanita ituu boleh gak sihh? saya juga dalam proses berhijab dg yang lebih, tpi kebanyakan dr bawahan saya itu celana jeans :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku gak berani jawab boleh atau gak. Tapi sebaiknya kalau bisa dikurangi penggunaannya coba dikurangi aja. karena pakai celana itu kan membentuk kaki kita, mungkin kalau masih pakai celana diimbangi dengan atasan yang cukup panjang jadi bentuk paha misalnya tidak terlihat jelas.

      Delete
  33. mbak menginspirasi skli tulisannya. aku mualaf dan bru mlai berjilbab 2 tahunan ini. well. siang ini aku kpikiran mau brhijab yg syari dan akhirnya aku baca artikel ini. smogaaa aku bisa mmulai utk syari ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masha Allah. semoga bisa istiqomah dalam islam ya mba. Untuk mulai syari dicoba aja langsung terapkan apa yang bisa diterapkan. dimulai pelan2 aja :)

      Delete

I really appreciate every single comment that you left in my blog..Do not hesitate to say anything..but, please use a proper word :)