Beauty

Review: My Konjac Sponge

Sunday, September 28, 2014

Assalamualaikum,

Sudah pernah dengan konjac sponge? Atau mungkin ada yang udah pernah pakai? Saya sendiri baru tau ada sesuatu yang bernama konjac sponge itu sekitar lima bulan yang lalu. Tapi baru memberanikan diri untuk coba sekarang-sekarang ini. Padahal kayaknya produk ini udah mulai hits dari tahun lalu (kalau lihat dari review para beauty blogger. hehe). Walaupun telat tapi saya mau berbagi pengalaman pakai konjac sponge dengan merk My Konjac Sponge (setau saya ada berbagai merk lainnya, tapi yang cukup populer dan bagus merk ini). Yaaa siapa tau ada dari pembaca blog saya yang belum tau apa itu konjac sponge atau mungkin udah tau tapi masih ragu-ragu mau pakai.

Dari berbagai review, saya tahu kalau konjac sponge itu bagus banget untuk membuat wajah lebih bersih dibanding hanya membersihkannya dengan face wash. Berhubung kulit saya cenderung kering dan sensitif, saya khawatir membersihkan dengan sponge akan membuat kulit semakin kering. Tapi saya tetap penasaran mau mencoba sponge ini. Kebetulan teman saya, dini, mempunyai olshop yang menjual My Konjac Sponge. Dini mengirimkan saya 2 jenis konjac sponge, yaitu My Konjac Sponge Volcanic Scoria untuk kulit sensitif (warna pink) dan My Konjac Sponge Bamboo Charcoal untuk kulit berminyak (warna hitam). Selain 2 varian ini, ada juga Six Wave Pure Konjac Body Sponge (untuk badan) dan My Konjac Sponge French Green Clay (untuk kulit normal kombinasi).


Tentunya yang saya coba yang warna pink, yang warna hitamnya saya minta suami untuk coba, karena kebetulan kulitnya tipe berminyak. Dan memang konjac sponge ini bisa dipakai oleh siapa saja, tidak harus perempuan. Cuma yaa namanya cuma laki-laki ya, agak susah kalau diajak yang berbau kecantikan (kegantengan ya buat mereka ;p) haha

PACKAGING

Pas banget untuk kulit sensitif warna pink and I Loooooooove pink!! haha. Di bungkusnya dijelaskan berbagai keunggulan dari My Konjac Sponge dan manfaatnya. Yang saya suka dari porduk ini adalah dia 100% terbuat dari bahan alami. Manfaat dari sponge ini juga banyak, terutama adalah membersihkan kulit dari sel kulit mati sehingga merangsang regenerasi sel kulit baru yang membuat kulit lebih halus, cerah, dan segar. Dan juga bisa membunuh bakteri penyebab jerawat.



 
Saat dibuka, sponge-nya tidak kering, lebih ke lembab dan kenyal-kenyal. Bukan berarti sponge-nya sudah dipakai dulu, tapi memang sengaja seperti itu untuk menjaga kelembaban dan kadar airnya.


BENTUK & TEKSTUR

Bentuk konjac sponge ada berbagai macam, mulai dari setengah bola, love, kotak, bulat pipih, hingga seperti bentuk My Konjac Sponge (saya gak tau nama bentuknya, tapi seperti bentuk tetesan air kalau difoto gitu lah ya kurang lebih). Dan saya suka banget dengan bentuk yang seperti ini, karena sisi yang lancipnya bisa digunakan untuk menjangkau daerah-daerah tertentu seperti samping hidung, pinggir bibir, ataupun daerah di pinggir mata. 

Dari segi tekstur, My Konjac Sponge ini mempunyai pori-pori yang cukup terlihat. Dan sisi-sisi sponge ini mempunyai tekstur yang berbeda. Bagian yang rata sedikit lebih kasar dengan pori-pori yang sedikit lebih besar dibanding bagian yang agak lonjong. Tapi kasarnya masih tetap terasa lembut diwajah. 


Dan jika tidak digunakan dalam beberapa waktu, biasanya sponge akan menciut dan agak keras, karena kandungan airnya berkurang. Tapi jangan khawatir, sponge-nya tetap bisa digunakan hanya tinggal direndam di air hangat sekitar 1-3menit (bisa lebih lama, tergantung seberapa menciutnya) atau disiram langsung dari keran juga bisa. Yang penting sampai sponge-nya kembali mengembang dan kenyal sehingga dapat digunakan kembali.
yang hitam lebih kecil karena agak kering, kalau sudah direndam atau dibasahi, ukurannya akan kembali sebesar yang pink

CARA PENGGUNAAN

1. Rendam My Konjac Sponge dengan air hangat atau siram langsung dari keran sampai seluruh permukaannya lembut dan kenyal. Sponge tidak boleh digunakan dalam keadaan kering/keras/kaku. 

2. Peras My Konjac Sponge secara perlahan. Jangan diperas dengan diplintir karena bisa merusak sponge. Cukup diperas antar kedua tangan seperti saat tepuk tangan, atau tekan-tekan dengan jari.


3. Pijat perlahan kulit wajah dan leher dengan gerakan memutar selama 1-2menit.

4. My Konjac Sponge dapat digunakan dengan atau tanpa face wash. Saya sih lebih suka menggunakannya tanpa face wash. Dan kalau mau pakai face wash, cukup sedikit saja. Kira-kira setengah dari jumlah yang biasa kita gunakan.



5. Kalau menggunakan tanpa face wash, sebaiknya bersihkan wajah dulu sebelumnya dengan cleansing milk atau pembersih lainnya. Apalagi jika bermake up. Sebaiknya bersihkan dulu make upnya. Tapi kalau saya lihat di youtube sih ada aja orang yang langsung membersihkan wajahnya yang bermake up dengan konjac sponge

6. Setelah digunakan, sponge dibilas kembali dengan air sampai bersih, dan peras perlahan. Kalau saya setelah dipakai biasanya suka saya rendam lagi di air hangat sebentar, hanya untuk melihat berapa banyak kotoran yang nempel di sponge. hehe. Setelah itu baru di siram di keran dan peras perlahan.

kelihatan ga kalau yang after airnya sedikit lebih keruh?

7. Gantung sponge di tempat yang sejuk dan berventilasi udara baik. Jangan langsung di tempat yang terkena matahari. Sebaiknya juga jangan dikamar mandi, kecuali kamar mandinya berventilasi cukup baik. Karena kamar mandi biasanya lebih lembab, khawatir sponge akan lebih mudah berjamur. Saya sendiri gantungnya di kamar mandi, karena kamar mandi saya ada exhaust fan, jadi in shaa Allah sirkulasi udaranya cukup baik. Soalnya bingung juga sih mau digantung dimana selain kamar mandi :p haha


PERAWATAN

- Disarankan untuk mensterilkan sponge setiap dua minggu sekali dengan cara merendam di air panas (bukan mendidih) selama 3-5 menit. Atau rendam sponge dalam mangkok tahan panas berisi air lalu masukkan ke dalam microwave selama 1menit 30detik.
- Satu sponge sebaiknya hanya digunakan oleh satu orang. Jangan dicampur-campur.
- Jika dirawat dan dipakai dengan benar, sponge dapat bertahan hingga 3 bulan. Tapi jika sebelum 3 bulan sponge rusak, misalnya robek, atau bahkan berjamur, harus langsung diganti.
- Sponge yang sudah tidak digunakan dapat dijadikan media tanam atau ditaruh didasar pot tanaman untuk menjaga kelembaban tanaman. 

MY REVIEW

Saya sudah menggunakan My Konjac Sponge Volcanic Scoria selama 1 minggu. Saya rutin gunakan setiap hari di pagi dan malam. Saya sudah mencoba dengan face wash dan tanpa face wash. Saya lebih suka menggunakannya TANPA face wash. Di pagi hari, biasanya saya bersihkan wajah dulu dengan bioderma, lalu lanjutkan dengan My Konjac Sponge. Kalau malam hari biasanya saya bersihkan wajah dengan bioderma (terutama kalau keluar rumah seharian atau menggunakan make up), lalu saya gunakan hadalabo face wash (baca reviewnya disini), baru kemudian saya lanjutkan dengan My Konjac Sponge. 

Sejauh ini saya merasa kulit saya tetap lembab dan terasa bersih. Jadi, pemikiran saya sebelumnya kalau Konjac Sponge ini gak bagus untuk kulit kering ternyata salah. haha. So far so good sih pakai My konjac sponge. Apalagi sudah 2 minggu cleansing cream SKII saya habis, dan saya belum berencana beli cleansing cream atau cleansing milk lagi, jadi adanya Konjac Sponge ini membuat saya lebih yakin proses cleansing saya cukup bersih.  Karena cleansing itu basic banget dan penting!! kalau wajah gak bersih, produk apapun yang digunakan setelahnya tidak akan bekerja maksimal.

Kalau ditanya apa kulit saya lebih cerah?saya gak tau, karena kan pakainya juga baru seminggu. hehe. Tapi lebih lembut dan segar sih iya banget. Dan yang paling saya suka adalah membersihkan leher juga jauh lebih mudah. Karena biasanya kalau pakai face wash, saya suka melupakan leher atau leher hanya kena sedikit, karena males face wash kena-kena baju. haha. Padahal leher itu penting banget untuk tetap dijaga kebersihannya. 

Yang saya belum lihat sih tentang mematikan bakteri penyebab jerawat. Sudah 3-4bulan terakhir jidat kiri saya penuh jerawat dan bekas jerawat. Soalnya jerawat yang muncul gede-gede dan hilang satu, muncul 1-2 lainnya. Feeling saya sih itu jerawat hormon, karena munculnya ditempat yang sama. Dan 4 tahun lalu, beberapa bulan sebelum nikah, jerawat pun banyak muncul di jidat kanan (mungkin karena dulu kanan, sekarang bagian yang kiri kali ya. haha). Udah pakai macem-macem cara tetap aja gak hilang, sampai akhirnya hilang sendiri. Kayaknya setelah 6-7bulanan (atau malah lebih) itu jerawat baru benar-benar hilang semua dan jidat bersih lagi. Mudah-mudahan yang ini bisa segera hilang deh jerawatnya. Semoga setelah 1bulan pemakaian sponge ini ada hasil positif untuk masalah jerawat. hehe

Will I repurchase? Definitely YESSS!! Soalnya emang enak banget dan muka rasanya lebih bersih. hehe. Apalagi dari segi harga pun masih terjangkau laah. Kamu bisa beli My Konjac Sponge di @drorganik (instagram) dengan harga Rp 79.000. Atau bisa langsung whatsapp ke 0878 8989 8060. Kalau udah order, hati-hati ketagihan yaa. haha


Disclaimer: 
This is a sponsore post. I get this product for free. But, all opinions are my own, based on my experience using it for a week.

You Might Also Like

10 comments

  1. wahh aku juga belakangan ini rajin pake konjac sponge cuma merknya beda :D Gatau apa cuma sugesti apa gimana yah, tapi rasanya kulit lebih halus dan cerah aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa, konjac sponge emang buat lebih halus dan cerah. akupun baru seminggu ud ngerasain. gak tau emang bener atau sugesti jg ya. haha

      Delete
    2. simalemandi... kalo boleh tahu merknya apa tuh, o'life bukan, soalnya mau beli merk itu tapi ragu :)

      Delete
  2. ka fika, firste trial konjac sponge enak banget,,iya nagih, tp pas mau re order kok ga bs ya, akun ig nya banyak ni yg namanya dr. organic, bs order kemana lg ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba search di IG beneran drorganik (ga pakai titik dan pakai k). ada koq yang logonya warna ungu. hehe. Atau coba langsung wa ke 0878 8989 8060

      Delete
  3. Kalau selain di ol shop bisa beli di toko" gitu gk kak?
    Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agak jarang available sih. aku cuma pernah liat di kem chick pacific place :)

      Delete
  4. Kalau selain di ol shop bisa beli di toko" gitu gk kak?
    Makasih

    ReplyDelete
  5. Aku pernah pakai yang warna hitam (Bamboo Charcoal), bener sih lebih enak berasa lebih halus gitu kulit wajah. :D

    ReplyDelete
  6. aku pernah beli online ataupun offline, bantu jawab pertanyaan - pertanyaan yang di atas, merknya olife. kemaren beli yang lemon, kalo offline ada di yogya gitu, smeua yogya pasti ada, kalo online biasanya aku beli di silahqan.com siapa tau bisa bantu jawab :)

    ReplyDelete

I really appreciate every single comment that you left in my blog..Do not hesitate to say anything..but, please use a proper word :)