Personal Thoughts

Blogging Tips

Monday, April 14, 2014

Beberapa hari yang lalu, saya ngepost di instagram (mrsdelonika) minta teman-teman yang punya blog untuk sharing blog mereka. Berhubung kemarin OFF dari blognya lumayan lama (hampir 2 tahun) jadi lah udah jarang banget blogwalking. Pas kemarin itu ada waktu senggang, saya pun mampir ke beberapa blog yang di share teman-teman di IG. Cukup seruu, ada berbagai macam jenis blog, ada yang share tulisan puitis, parenting, resep masakan, style inspiration, sampe berbagai random thoughts. Semua itu sah-sah aja menurut saya. We choose what we want to share in our own blog, so just write whatever you want to write :)

Berdasarkan pengalaman saya ngeblog, ada beberapa tips yang pengen saya share. Saya sendiri juga bukan blogger handal. But, I love to write and share my thoughts, photos, or stories. Jadi, ini hanya tips-tips ngeblog menurut saya yang awam. Tips ini berlaku untuk yang pengen punya banyak pembaca. klo emang bikin blog untuk diri sendiri aja sih ya jangan ikutin tips-tipsnya. hehehe

1. Di blog sebenarnya kita bebas mau nulis atau share apa aja. Tapi sebenarnya kalau menurut saya, ada baiknya setiap blog ada ciri khasnya tersendiri. Cari tau dulu apa yang pengen dishare di blog. Tulisan kah? Foto-foto kah? Itu penting karena kadang orang akan lebih suka membaca blog yang spesifik, dibanding yang terlalu campur sari :D. Gak ada salahnya sih blog campur sari, tapi menurut saya blog yang spesifik lebih enak dibaca dan lebih mengundang pengunjung. Ini alasan kenapa saya sering banget buat blog baru. Dulu saat wedding preparation, saya buat blog khusus yang bercerita tentang wedding preparation sampe review para vendor (ini blognya). Termasuk saat baru-baru ini saya buat blog khusus tentang pengalaman jalan-jalan saya dan suami (ini blognya). Blog ini pun mostly ngebahas fashion, my style inspiration atau yang sekarang sering disebut OOTD, and sometimes about my thoughts. Yang blog ini lebih campur sari sih, tapi at least ada hal-hal yang lebih banyak porsinya untuk dishare. hehe

2. Pilih nama yang ear catching dan menggambarkan kita/blog kita banget. Ini sih lebih ke biar orang inget sama blog kita. Termasuk di link url yang kita pilih. Akan lebih baik kalo sama namanya dengan nama blog. Ini salah satu alasan saya ubah nama blog dari SWEET ESCAPE jadi MRSDELONIKA dan link blog dari narilurvedyep.blogspot.com jadi mrsdelonika.blogspot.com :)

3. Keep it simple! terutama kalau berhubungan dengan layout dan font. Kalau bisa backgroundnya putih aja, akan lebih membuat orang nyaman ngebacanya. Dulu sih awal-awal ngeblog saya juga suka ganti-ganti layout dan background. Suka cari layout yang backgroundnya lucu-lucu. Tapi lama2, keep it simple is the best!! Dan kalau liat dari beberapa blogger yang cukup terkenal pun layout mereka simpel, rapi, dan gak terlalu banyak detil. Untuk font juga better pakai yang standard aja. jangan yang seperti huruf sambung, karena bisa bikin pusing yang baca. hehe

4. Baru mulai ngeblog dan belum banyak yang ngunjungin blog kita? ya jangan diem ajaaa. harus rajin-rajin blogwalking dan ninggalin komen di blog orang. Dan ini juga bisa buat nambah teman dan networking lhoo. Dulu itu yang sering banget saya lakuin. Seru aja blogwalking dan baca-baca blog orang lain. Blogger-blogger yang dulu jadi temen blogwalking dan saling komen saya sekarang udah pada jadi blogger terkenal. and they deserve it! blog mereka emang bagus2 :). Bahkan dari blo, saya bisa kenalan dengan orang-orang yang sekarang jadi sahabat tempat saya curhat tentang macem-macemm(no need to mention yaa, you know who you are ;) hihi ) Beberapa cerita tentang saya ketemu langsung dan berteman dengan orang-orang yang awalnya hanya dikenal lewat dunia maya bisa dibaca disini :)

5. Untuk yang blognya lebih banyak foto, usahakan share foto dengan kualitas bagus. Ga blur. Saya sendiri masih belajar sih tentang ini. Soalnya kadang foto cuma dari hp, atau cahaya lagi ga bagus, jadi aja ga gitu bagus kualitasnya. Ya pelan-pelan ditingkatkan laah. hehe. Ukuran foto yang dipajang juga harus diperhatikan, jangan sampai terlalu besar atau terlalu kecil, sesuaikan dengan layoutnya. Resolusi fotonya juga gak usah terlalu besar, karena akan ngebuat orang susah untuk buka blognya karena lama loadingnya.

6. PENTING!! Jangan share hal yang terlalu personal di blog. Kita harus pintar-pintar memilah apa yang bisa dishare dan apa yang gak. Misalnya aja alamat rumah atau no hp, jangan sampai itu terpampang nyata di blog atau social media manapun. Kecuali itu alamat kantor yang memang gak masalah untuk dishare atau no hp untuk keperluan jualan atau lainnya. Kalau udah sifatnya pribadi, dipikir-pikir dulu deh klo mau dishare. Kita gak pernah tau siapa yang baca blog kita :) 

7. Kalau pakai foto atau nge-quote tulisan orang lain, jangan lupa kasih link sumbernya. Ini hal yang kadang sering terlupakan, padahal ini salah satu etika ngeblog yang penting sih menurut gw.  Dan link sumber yang dimaksud bukan cuma google.com atau search engine lainnya yang general. Tapi link spesifiknya. Kalaupun gtu googling foto, pasti kan ada link dari penulis aslinya. Link itu lah yang seharusnya di taro di blog kita. It shows how we respect others and I'm pretty sure, people will respect us more if we did that :)

Apalagi yaa?sejauh ini baru segitu tips yang saya bisa kasih. Nanti kalau kepikiran tips yang lainnya diupdate deh postingannya :D

You Might Also Like

20 comments

  1. Fikaaaa.... makasih untuk dua nya ya! Duas to you and your family too. *hugs*

    ReplyDelete
  2. Hai, Mbak Fika.. Makasih kemarin udah berkunjung ke blog saya. Setuju banget dengan tipsnya. Simple is the best ya :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama samaaa :) yuupp, simple is the best :D

      Delete
  3. "nama yang ear catching" hal yang paling sulit nih waktu aku pertama bikin blog akhirnya dipilih nama fikacu aja deh.. hihihihi.. :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. samaa. dulu nama blognya sweet escape, tp krn kayaknya terlalu umum jadi ganti mrs delonika deh skr. hehe

      Delete
  4. Nah, topik kayak gini ini paling sering dibahas sama komunitas blogger yang aku ikutin, apalagi yang nomor 1,2,3,4, sama 7 biar blog makin eksis dan orang juga mau baca :D
    keep blogging kak Fika!

    ReplyDelete
    Replies
    1. yesss. thank youu. smoga kali ini bs konsisten ngeblognya. hehe

      Delete
  5. Fikaaa, suka tips2nya! Emang bener banget terutama nomer 4.. Suka ada yang nanyain gimana caranya dapet follower, padahal itu mah dari hasil temenan awal2 ngeblog rajin blogwalking & ninggalin komen :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa. yang baru mulai ngeblog skr maunya dpt followers dan pembaca instan. haha. padahal gmn caranya orang mau tau blog kita klo kita ga ninggalin jejak di blog orang :D ya gaa?

      Delete
  6. Barusan aja liat link ini dr blognya Irma Puspita.
    Blogku masih campur-campur aja isinya. Udah bikin blog baru tapi kayak mindahin buku catatan ke tempat lain jadi agak berat gitu ngisi yang lain. Uda keenakan. Hihihi...
    btw sama kayak irma, dulu pertama aku ngeblog juga inspirasinya ya dr sweet escape ituh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1 blog ga harus cerita tentang satu hal aja sih. aku juga blog yang ini isinya campur2. ada fashion, beauty, thought, macem2 ada. tp memang mostly about fashion.

      aku buat blog khusus cuma waktu persiapan wedding dan tentang travel. bilang lebih enak juga aku baca2nya dan jadi kayak diary :D krn emang spesifik. hihi

      Delete
  7. Assalamu'alaikum mba fika...
    aku lg jln2x nihh dr blog IHB sampai ke mrsdelonika :3
    dn artikel yg bagus mbaa.. trutama ttg blogwalking, aku srgnya jd silent reader aja nihh, hihi.. Thanx yahh diingetin mbaa ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikumsalam,
      sama-ssama mba. keep blogging yaaa

      Delete
  8. Assalamualaikum Kak Fikaa, baru mampir karena baca link dari post Kak Ola, hehe. aku follownya yang blog Kak Fika jalan-jalan ternyata, nice tips. Semoga segera ada waktu luang buat nulis ya biar kita-kita bisa baca tulisan Kak Fika lagi ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasii niaa. iya nih,lagi meluangkan waktu untuk rutinin ngeblognya. makasih ud mampir yaa :)

      Delete
  9. tipsnya bagus, thanks..ditunggu tips2 berikutnya.
    salam kenal.

    ReplyDelete
  10. Makasih bnyak ka fika, sharingnya bermanfaat.

    ReplyDelete

I really appreciate every single comment that you left in my blog..Do not hesitate to say anything..but, please use a proper word :)