Personal Life

Bersyukur

Saturday, March 22, 2014

Bersyukur... Seberapa sering kamu bersyukur sama apa yang kamu punya saat ini?


Bersyukur... Kata yang mudah diucapkan, tapi sering kali lupa dipraktekkan..

Bersyukur... Banyak hal yang bisa disyukuri dalam kehidupan sehari-hari,tapi sering kali kita menunggu mendapat "sesuatu" yang besar dulu baru bersyukur..

Sebagai manusia biasa sering kali kita lupa mensyukuri apa yang kita punya. Kita terlalu sibuk memperhatikan apa yang dimiliki orang lain, dan akhirnya selalu merasa tidak cukup dengan yang kita miliki dan yang muncul akhirnya adalah perasaan iri terhadap yang dimiliki orang lain.

Dengan perkembangan social media saat ini, mulai dari twitter, instagram, path, dan media lainnya, kebanyakan orang akan memposting sesuatu yang membahagiakan bagi mereka. Yang tidak kita sadari, kita sebagai followers akun-akun tertentu hanya melihat dari luarnya saja. Kita hanya melihat dari yang mereka post dan share di dunia maya, kita tidak tahu secara pasti yang terjadi pada mereka di dunia nyata.

Misalnya...

Kita lihat si A yang cantik, bersuami ganteng, anak-anak yang lucu, barang-barang yang dimiliki semua dari brand ternama dan mahal. Sangat manusiawi jika kita merasa iri dan melihatnya sebagai sosok yang sempurna. Tapi tahukan kita jika pada dunia nyata, mungkin saja dia merasa kesepian karena suami terlalu sibuk kerja sehingga hanya memberikan duit dalam jumlah besar kepada dia, sehingga belanja barang-barang merk ternama adalah bentuk pelarian dari kesepiannya.

Atau

Kita lihat si B yang bisnisnya sukses, mempunyai suami yang romantis dan perhatian, sering traveling ke dalam dan luar negeri. Dari luar terlihat sangat indah dan rasanya dunia seperti milik berdua. Tapi tahukah kita jika pada dunia nyata, pasangan ini sangat menantikan hadirnya keturunan dalam keluarga kecilnya selama bertahun-tahun. Dan berbagai usaha telah dicoba tapi yang dinantikan belum juga diizinkan hadir oleh Allah SWT.

Atau

Kita lihat si C yang cantik, sukses dalam berbagai bidang yang digelutinya, terkenal, punya banyak fans. Dari segi fisik terlihat sempurna dan dari segi pendapatan pun berlebih sehingga dia bisa membeli apapun yang diinginkannya. Tapi tahukah kita jika pada dunia nyata, dia sangat merindukan hadirnya seorang laki-laki yang menjadi jodoh dan imamnya. Cantik dan sempurna bukan berarti dia mudah mendapatkan pria idamannya.

Masih banyak contoh-contoh lainnya. Sering kali apa yang kita lihat di dunia maya sangat jauh berbeda dengan apa yang terjadi di dunia nyata. Cobalah untuk bersyukur dengan apa yang kita miliki dan tidak selalu fokus dengan apa yang kita belum punya. Cobalah untuk melihatnya dari sisi lain. 

Misalnya, jika kita tidak mempunyai cukup rejeki untuk bisa mempunyai barang-barang dari merk ternama, bersyukurlah kita masih punya tempat tinggal, kita masih bisa makan makanan favorit, lemari pakaian kita pun penuh dengan berbagai jenis yang walaupun bukan dari merk ternama tapi cukup nyaman digunakan. Karena diluar sana masih banyak orang yang tidak punya tempat tinggal, bisa makan 1x sehari pun mereka sudah sangat bersyukur, dan pakaian yang mereka kenakan hanya itu-itu saja. Yaaa, lebih seringlah melihat kebawah, karena itu akan membuatmu jauh lebih bersyukur, tapi sesekali tetap perlu melhat keatas agar kita terpacu untuk mempunyai kehidupan yang lebih baik lagi.

Jika kita belum ditakdirkan mempunyai keturunan ataupun jodoh. Jangan berkecil hati. Tetap usaha dan jangan berhenti berdoa. Karena Allah SWT yang paling mengetahui apa yang terbaik buat kita. Waktu Allah SWT tidak pernah salah. Yang penting, luruskan niat, sempurnakan ikhtiar, hasil akhir biar Allah SWT yang memutuskan :) yang belum diberikan keturunan, mungkin memang kita masih dikasih waktu untuk lebih saling mengenal pasangan dan berpacaran yang halal dulu sampe puas sambil menabung untuk keperluan anak nantinya. Hehe. Atau yang belum diberikan jodoh, mungkin memang masih diberikan waktu untuk berkumpul dengan teman-teman dan menjalankan mimpi-mimpi yang belum tercapai. Berpikir positiflah terhadap apapun rencana Allah SWT.


Postingan ini tidak untuk menggurui siapa-siapa. Ini hanyalah self reminder untuk saya sendiri. Dan hanya menuangkan pemikiran saja. Sudah lama rasanya gak menulis sesuatu yang cukup panjang. Hehe. Kalau bisa memberikan manfaat untuk yang baca Alhamdulillah. 


You Might Also Like

4 comments

  1. Keren banget postingannya.. setuju banget bgt.. kita sring kali fokus sm apa yg dpunya org lain bukan yg merka tdk punya dan ngga fokus sm yg udh kita punya tp yg malah yg tidak kita punya.. jadi kurng beryukur dan merasa kurang terus..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuup. Bersyukur dengan apapun yang kita punya in shaa Allah hidup akan lebih indaahh ;)

      Delete
  2. setuujjuuu
    suka banget sama postingan ini
    ga selalu apa yg terlihat itu apa yg terjadi kan
    thanks for reminding me :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. you're welcome :)
      iya, kita kan hanya melihat dari luar jadi gak pernah tau apa yang sebenarnya terjadi :)

      Delete

I really appreciate every single comment that you left in my blog..Do not hesitate to say anything..but, please use a proper word :)